Unik, Kambing Yang Bisa Memanjat Pohon di Maroko

Dunia ini memang penuh dengan keanehan-keanehan yang sebagiannya dapat dijelaskan dengan mudah, sedang sebagian yang lain bahkan masih menjadi misteri untuk waktu yang lama. Seperti halnya kejadian kambing yang bisa memanjat pohon, tentu pemandangan seperti itu akan sulit atau bahkan mungkin tidak akan pernah kita jumpai di Indonesia.

Baca juga : Google Menyediakan Situs Khusus Ramadhan Buat Muslim Indonesia

Akan tetapi, di Maroko pemandangan kambing yang berada di atas pohon bukanlah sebuah pemandangan langka. Seperti yang dapat kamu lihat pada gambar di atas. Betapa anehnya, kambing yang biasanya pemakan rumput di daratan kok bisa-bisanya berada di atas pohon.

kambing memanjat pohon di maroko

Mungkin kambing tersebut beradaptasi terhadap lingkungannya, karena di kawasan padang pasir jazirah Adrika sulit bertemu dengan rumput hijau.

Namun, upaya kambing-kambing tersebut memanjat pohon sebenarnya bukan perjuangan yang mudah. Kambing berjenis Tamri tersebut harus bekerja dengan keras untuk memanjat pohon Argan, yaitu sejenis pohon yang daunnya rimbun dan memiliki biji-bijian yang mengandung minyak yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan kosmetik.

Pemerintah Maroko cukup serdas memanfaatkan fenomena menarik tersebut dengan menggaet para turis untuk menyaksikan kambing yang memanjat pohon tersebut.

Baca juga : Putri Presiden Obama Dilamar Pengacara Dengan Mahar 70 Domba, 50 Sapi, 30 Kambing

Yang menjadi pertanyaan kemudian, bagaimana caranya para kambing tersebut bisa memanjat pohon Argan?

Menurut artikel yang dimuat di Daily Mail, di situ memberikan penjelasan bagaimana kambing Tamri ini bisa menjadi pemanjat. Rupanya kemampuan memanjat kambing Maroko tersebut didukung oleh anatomi kakinya.

Kaki kambing Tamri terbelah dan setiap bagiannya memiliki 2 jari kaki yang mampu menyebar sehingga mendukung sang kambing buat menggenggam batang atau ranting. Sementara itu kambing Tamri juga memiliki telapak kaki yang lunak sehingga bisa membuatnya bertahan di permukaan sempit.

Tak hanya itu saja, karena ternyata kambing Tamri yang pintar memanjat pohon juga memiliki organ yang disebut dengan “dewclaw” pada kakinya. Organ tersebut dapat dijumpai pula pada binatang seperti kucing dan anjing. Akan tetapi pada kambing Tamri, organ tersebut lebih gemuk dan tajam bentuknya sehingga bisa mendorong tubuh si kambing ketika memanjat pohon.

Jadi, kalau kamu melihat gambar kambing yang mampu memanjat pohon, itu bukanlah hoax melainkan fakta. Selain kambing Tamri, di Italia, tepatnya Cingino Dam, kambing liar Alpine Ibex jauh lebih hebat karena mampu memanjat tebing dam.