Inilah Ular Terbesar Nomor 1 Di Dunia

Berbicara mengenai ular terbesar nomor 1 di dunia, pasti ada sebagian orang yang menganggapnya adalah anaconda. Karena memang anaconda sering ditampilkan di televisi ataupun media online.

Nah, pada kesempatan ini akan diulas mengenai ular terbesar di dunia di jaman prasejarah dan juga ular terbesar yang masih hidup sampai saat ini.

1. Titanoboa adalah ular terbesar di dunia yang hidup di jaman prasejarah

Bayangkan ukuran ular Titanoboa bisa mencapai 14 meter untuk panjangnya sedangkan untuk berat tubuhnya bisa mencapai lebih dari 1000 kg atau 1 ton. (menurut sumber wikipedia)

Titanoboa hidupnya sekitar 58 juta hingga 60 juta tahun lalu. Dan kita seharusnya bersyukur karena ular raksasa ini sudah punah dan tidak diketemukan keberadaannya sampai saat ini. Baca artikel lebih lengkap mengenai Titanoboa di sini Ular Terbesar Di Dunia Yang Pernah Hidup Di Bumi.

2. Anaconda hijau adalah ular terbesar di dunia yang masih hidup sampai saat ini

foto ular  terbesar saat ini

Foto illustrasi anaconda hijau

Jika Titanoboa diketahui sebagai ular dengan ukuran paling besar yang pernah hidup di muka bumi dan sekarang telah punah. Tidak demikian halnya dengan anaconda hijau yang masih hidup sampai sekarang.

Jika dibandingkan dengan titanoboa, jelas secara ukuran panjang dan beratnya, anaconda hijau kalah telak.

Anaconda hijau digolongkan sebagai ular terbesar di dunia saat ini bukan karena ukuran panjangnya, akan tetapi karena bobot tubuhnya yang berat.

Menurut sebuah sumber reptilepark.com.au, panjang ular anaconda hijau bisa mencapai 8 meter. Untuk berat tubuhnya bisa mencapai 220 kilogram. Sedangkan diameternya bisa mencapai 30 cm.

Ukuran mereka yang besar membuatnya berjalan lambat kalau di daratan, itu sebabnya mereka lebih sering menghabiskan waktu mereka di dalam air.

Habitat Anaconda hijau diantaranya di Amerika Selatan di daerah hutan hujan dengan rawa, sungai dan cekungan, terutama di sekitar sungai Amazon dan Orinocco.

Anaconda hijau biasanya memakan ikan, burung, serta binatang reptile dan mamalia lainnya.

Kabar mengenai ular terbesar yang tidak valid atau belum terbukti

Pernah ada kabar dan sempat dimuat oleh media lokal dan internasional bahwa di Indonesia pernah ditangkap ular phyton terbesar se-Asia Tenggara yang kemudian ditangkar di kawasan wisata Curug Sewu, Kendal, Jawa Tengah. Konon kabarnya, beratnya mencapai 447 kilogram dan panjang 14,85 meter. Akan tetapi, selanjutnya diketahui bahwa data tersebut tidaklah valid. Menurut laporan dari The Guardian, menyebutkan bahwa ukuran sesungguhnya ular tersebut adalah antara 6,5-7 meter dan beratnya diperkirakan hanya 100 kg.

Yang tak kalah mengejutkan yaitu, cerita mengenai adanya sosok ular raksasa Anaconda Sucuriju Gigante yang konon beratnya mencapai 5 ton dan panjangnya 40 meter. Akan tetapi, sampai sekarang belum ada bukti nyata tentang keberadaan ular ini karena hanya sekedar pemberitaan dari mulut ke mulut.

Binatang terbesar yang lainnya