Cara Merawat Kain Lap Microfiber Agar Makin Lebih Awet

Kamuiyakamu.com – Cara merawat kain lap microfiber sebenarnya cukup mudah, asal dilakukan secara tepat maka kain lap microfiber yang kamu punyai akan lebih awet dipakai.

Dengan begitu, kamu bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan dengan lebih optimal.

Salah satu kegunaan kain lap microfiber yaitu untuk membersihkan laptop, smartphone ataupun gadget yang lainnya. Bisa dikatakan kain lap microfiber ini multi guna.

Salah satu alasan kenapa memakai kain lap microfiber untuk membersihkan smartphone, laptop atau gadget yang lainnya yaitu karena dibandingkan dengan menggunakan lap dengan kain biasa yang seringkali meninggalkan lecet, dengan menggunakan kain microfiber akan lebih aman asalkan kualitas dan perawatannya bagus.

Meski kain microfiber ini dikenal tidak menyebabkan lecet apabila dipakai buat membersihkan gadget, akan tetapi tetap perlu dicuci apabila sudah terlihat agak kotor agar bisa berfungsi secara optimal.

cara merawat kain lap microfiber
Berikut adalah beberapa tips cara perawatan kain lap microfiber :

  • 1. Jika kamu baru membeli kain lap microfiber, sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan
  • 2. Jangan mencucinya bersamaan dengan bahan yang lainnya, akan tetapi cuci secara tersendiri
  • 3. Sebaiknya kamu mengkhususkan penggunaan kain lap microfiber misalnya ada yang khusus buat melap gadget, ada yang khusus buat melap meja, dll. Jangan pergunakan 1 kain lap untuk berbagai pekerjaan. Dan kain tidak perlu dicuci setiap kali dipakai kalau hanya sekedar buat ngelap debu pada gadget atau meja. Cucilah jika memang sudah terlihat kotor.
  • 4. Untuk mencucinya, alih-alih menggunakan detergen bubuk, lebih baik menggunakan detergen cair, karena pemakaian detergen bubuk bisa meninggalkan sisa butiran sabun di dalam kain. Selain itu, jangan menggunakan detergen yang mengandung pelembut atau pemutih.
  • 5. Cara mencucinya rendam dengan air hangat (maksimal 60°C) yang telah dicampur detergen cair, cuci dan rendam selama beberapa saat
  • 6. Selesai direndam, bilaslah dengan air sampai bersih
  • 7. Jika ingin memerasnya, lakukan secara lembut jangan terlalu kuat
  • 8. Dan cara mengeringkannya sebaiknya menggunakan cara alami, yaitu dengan cara diangin-angin atau menggunakan pengering mesin cuci, jangan dijemur di bawah sinar terik matahari
  • 9. Simpanlah kain lap microfiber kamu di tempat yang bersih dan jauhkan dari debu, bisa juga diletakkan ke dalam Plastik Zip Lock

Itulah beberapa tips bagaimana cara merawat kain lap microfiber agar makin lebih awet dan kainnya tak mengeras.

Apabila kamu memiliki tips yang lainnya, boleh juga tuh dishare melalui kotak komentar, barangkali tips kamu bermanfaat nanti bisa ditambahkan ke dalam postingan ini. Terima kasih!

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *