Cara Membatalkan Email Yang Salah Kirim di Gmail

Kamuiyakamu.com – Bagaimana cara membatalkan kirim email yang salah kirim di Gmail?

Dewasa ini penggunaan surat untuk saling berkirim pesan sudah dapat tergantikan oleh email. Dengan menggunakan email pesan akan lebih cepat sampai dan terbaca. Selain bisa mengirimkan pesan berupa tulisan, kita juga bisa mengirimkan file digital dalam berbagai macam format misalnya .pdf, .doc, .jpg, .zip, .rar, .mp4, dsb.

Meskipun penggunaan email sangatlah mudah, akan tetapi jika kurang berhati-hati bisa saja kamu akan mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan. Misalnya, ketika salah mengirimkan email.

Uppss.. bagaimana jadinya kalau email yang kita kirimkan ternyata cukup penting dan tak seharusnya dibaca orang yang tidak berkepentingan?

Oke, jika kamu menggunakan layanan email dari Gmail, sebenarnya masalah tersebut bisa segera diatasi dan tak perlu panik. Gmail memiliki fitur tersembunyi untuk membatalkan pengiriman email yang telanjur terkirim. Tapi, waktunya hanya terbatas 5-30 detik setelah email baru terkirim.

Makanya, benar kata orang yang bilang bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Alangkah baiknya, sebelum menekan tombol “kirim” kamu cek sekali lagi email yang akan kamu kirimkan, apa masih ada yang kurang benar.

Oke, untuk bisa membatalkan email yang salah kirim di Gmail, pertama kali kamu harus mengaktifkan fitur “urung kirim”, berikut langkah-langkahnya :

1. login ke akun Gmail kamu

2. arahkan dan tekan mouse pada ikon Gear di pojok kanan atas lalu pilih menu “setelan” (lihat gambar ilustrasi)

Gambar 1

Gambar a

3. Selanjutnya kamu akan dibawa kehalaman pengaturan tab “umum” kemudian carilah fitur “urung pesan” pada bagian bawah dengan men-scroll mouse (lihat gambar)

Gambar 2

Gambar b

4. Di situ kamu bisa memilih waktu aktif pembatalan apakah 5, 10, 20, atau 30 detik setelah pesan baru dikirimkan. Kalau saran saya sebaiknya pilih 30 detik, karena kalau cuma 5 detik takutnya belum sempat menekan tombol “urung kirim/undo” fiturnya keburu hilang.

5. Simpan perubahan

6. Jika fitur ini terus diaktifkan, maka setiap kali kamu mengirimkan email akan muncul notifikasi di bagian atas, menawarkan pilihan untuk membatalkan pengiriman email. Dengan begitu kamu bisa membatalkan email yang salah kirim dengan satu langkah mudah, yaitu menekan link “urung/undo” (lihat gambar)

Gambar c

Gambar c

Itulah bagaimana cara membatalkan email yang salah kirim dengan langkah mudah dan bisa langsung kamu coba.

Reply