Apa Itu Tokopedia dan Apakah Belanja di Tokopedia.com Aman Dari Penipuan?

Tokopedia adalah salah satu mal online di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace dan mall online.

Dikenal sebagai marketplace online no.1 di Indonesia, dimana anda bisa menemukan banyak sekali penjual dan pembeli di website tokopedia.com. Dengan Tokopedia berperan sebagai pihak yang menjembatani terjadinya transaksi yang fair dan aman bagi kedua belah pihak.

Di website tokopedia.com anda dapat menemukan berbagai macam produk yang dijual dengan harga yang bervariasi. Karena siapapun boleh membuat toko sendiri dan pajang produk sendiri dengan tanpa dipungut biaya.

Nah, kembali ke pertanyaan apakah belanja di Tokopedia.com aman?

Belanja online memang menyenangkan dan mudah, kita bisa dengan cepat memilih barang yang kita sukai tanpa harus keluar dari dari rumah terjebak panas dan macet. Akan tetapi, tidak semua orang berani melakukan belanja online karena takut akan penipuan. Takutnya uang sudah ditransfer akan tetapi barangnya tidak dikirimkan. Kasus seperti ini memang banyak terjadi.

Untuk itulah, muncul jasa yang dikenal sebagai rekening bersama (rekber) yang di luar negeri dikenal sebagai Escrow. Rekber adalah suatu instansi yang berperan sebagai perantara atau pihak ketiga dalam terjadinya suatu transaksi online. Dan dalam hal ini, Tokopedia.com bisa digolongkan sebagai salah satu jasa Rekber.

Secara teori, belanja di Tokopedia.com sangat aman. Karena setiap pembeli melakukan transaksi pembelian, uangnya akan ditahan di rekening Tokopedia. Begitu barang yang dikirimkan penjual sudah sampai ke tangan pembeli, dan pembeli sudah konfirmasi menerima barang maka uang tersebut baru akan ditransfer ke pihak penjual.

Apakah pernah ada korban penipuan di Tokopedia?

Menurut pengamatan yang kami lakukan, kejadian seperti ini memang pernah terjadi. Tapi ini bukan karena kesalahan pihak Tokopedia akan tetapi korban phising. Kejahatan phising ini bisa menyerang siapa saja tidak hanya para pengguna Tokopedia akan tetapi juga pengguna website belanja yang lainnya.

Modus kejahatan phising ini banyak sekali, diantaranya mengirimkan email ke korban yang isinya meminta data login ke situs tertentu. Korban yang masih awam biasanya akan mudah terkecoh dengan modus ini karena si pengirim email akan pura-pura mengaku sebagai perwakilan perusahaan yang bersangkutan.

Modus lainnya misalnya, penipu membuat situs yang tampilannya sama persis dengan salah satu situs belanja online. Lalu meminta calon korbannya memasukkan data username dan password untuk login ke situs tiruan tersebut. Dengan cara ini selanjutnya si penipu akan dengan mudah mengakses akun belanja para korbannya di website aslinya.

Untuk itu, bagi anda yang berniat belanja online sebaiknya paham apa itu phising, modus phising dan bagaimana cara terhindar dari kejahatan phising?

Tips lainnya buat meminimalisir agar jangan sampai merasa tertipu saat belanja di Tokopedia yaitu pahami aturan mainnya. Misalnya, beberapa waktu lalu ada kasus pembeli yang barang pesanannya tak kunjung sampai hingga 2 bulan dan merasa tertipu. Padahal di Tokopedia ada sebuah fitur yang namanya pusat resolusi, sebagai media untuk menengahi kalau ada masalah seputar transaksi.

Pengalaman saya berbelanja di situs Tokopedia.com

Kalau boleh berbagi pengalaman, saya selaku penulis artikel ini sudah melakukan transaksi pembelian di Tokopedia sebanyak ratusan atau mungkin ribuan kali (lupa berapa persisnya yang jelas banyak sekali). Dan selama itu tidak pernah sekalipun merasa tertipu barang tidak dikirim. Kalau merasa kecewa karena pelayanan seller kurang baik atau kualitas barang yang dikirim kurang bagus mungkin pernah.

Berbekal dari pengalaman itu maka saya menyarankan buat anda yang baru mengenal Tokopedia dan ingin melakukan transaksi di Tokopedia.com sebaiknya pilih seller yang pelayananya baik biar tidak sampai kecewa. Karena bagaimanapun, Tokopedia.com hanyalah sebuah wadah berkumpulnya para seller dan buyer dari seluruh Indonesia dan berperan sebagai pihak penengah agar terjadi transaksi yang aman dari penipuan.

Bagaimana cara mencari seller yang pelayanannya bagus di Tokopedia? Diantaranya dengan melihat percakapan buyer-seller di kolom diskusi serta ulasan dari para pembeli sebelumnya apakah banyak yang merasa puas atau kecewa dengan pelayanan toko tersebut.

ulasan

Jika yang anda cari adalah seller yang fast respon maka setidaknya ada 3 hal yang patut diperhatikan. Yaitu lihat kapan terakhir seller online, berapa lama waktu pengiriman barang, dan coba kirim sebuah pesan melalui kolom “diskusi produk” dan lihat seberapa cepat seller memberikan respon.

tokopedia

Apakah anda memiliki pengalaman tersendiri ketika berbelanja di tokopedia.com? Mari ceritakan pengalaman anda di kolom komentar ya, terima kasih!

Apakah anda tertarik untuk belanja barang-barang unik secara online yang aman dan menyenangkan? coba kunjungi toko kami di https://www.tokopedia.com/elbafshop

One response to “Apa Itu Tokopedia dan Apakah Belanja di Tokopedia.com Aman Dari Penipuan?”

  1. pagar brc says:

    Makasih mas, jarang ngeblog/online belakangan. Iseng jalan2 eh nyantol kesini. Saya hanya bisa bilang anda seorang blogger sejati… salut mas. Salam jabat erat dari saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *