Beberapa Fitur Keren Baru Yang Ada di Android Marshmallow

Kamuiyakamu.com – Bertepatan hari kemerdekaan RI kemarin, Google secara resmi merilis update terbaru buat OS besutannya.

Update terbaru tersebut diberi nama Android Marshmallow yang memiliki nomor versi ‘6.0. Meski peluncurannya kabarnya baru akan dilakukan sekitar bulan September tahun ini.

Baca juga : Google Resmi Rilis Android 6.0 Marshmallow, Bisa Dicoba Di Beberapa perangkat Nexus

Jika Android versi yang sebelumnya adalah Lollipop (5.0–5.1.1). Maka lompatan satu angka ini menguatkan dugaan bahkan ada banyak pembaruan dan perbaikan.

Memang benar, setidaknya sudah ada 7 fitur penting yang hadir dalam Android Marshmallow yang diketahui. Apa sajakah itu?

1. Modus ‘Doze’

Salah satu teknologi terbaru yang diusung oleh Android Marshmallow adalah modus ‘Doze’. Fitur ini akan memiliki peranan untuk memperkecil daya baterai smartphone kamu saat dalam kondisi stand by. Cara kerjanya yaitu dengan memanfaatkan sensor pendeteksi getaran yang akan mendeteksi apakah perangkat yang kamu pakai ada dalam posisi aktif atau stand by.

Menurut penuturan VP Engineering Android, David Burke , modus Doze mampu memperpanjang daya baterai sebuah perangkat tablet Nexus 9 hingga 2 kali lebih lama apabila perbandingannya dengan daya baterai yang berjalan di atas OS Android Lollipop.

2. Mengisi baterai bisa 5 kali lebih cepat

Nah, fitur yang satu ini sangat cocok bagi pengguna smartphone di masa kini, di mana smartphone menjadi perangkat portable yang bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan. Dengan pengisian daya yang lebih cepat, tentu akan sangat membantu.

Pengisian baterai hingga 5 kali lebih cepat ini dimungkinkan berkat kehadiran port USB tipe C yang merupakan pembaruan terakhir dari port USB standar.

Tak hanya itu, karena dengan Android Marshmallow akan memungkinkan untuk menggunakan smartphone untuk mengisi perangkat lain pada waktu yang sama.

android marshmallow

3. Quick Setting

Terdapat panel baru di Android Marshmallow yang bernama System UI Tuner yang bisa dipergunakan untuk memindahkan tile menu yang tak ingin kamu lihat atau mengganti urutan tile menu tersebut.

4. Android Pay

Fitur yang akan memudahkan pengguna smartphone untuk membayar barang, baik di aplikasi ataupun di toko-toko retail lewat smartphone mereka. Android Pay adalah antarmuka pemrograman aplikasi (Application Programming Interface, API) terbuka, yang memungkinkan pengembangnya untuk menambahkannya ke aplikasi mereka sendiri.

5. App Permissions

Fitur baru Android Marshmallow ini memungkinkan pengguna bisa menyesuaikan izin akses buat tiap aplikasi. Misalnya, kamu tidak ingin mengaktifkan izin kamera buat aplikasi whatsapp, maka aplikasi whatsapp tersebut tidak akan mendapatkan izin untuk mengakses kamera. Makin canggih saja ya!

6. Sensor Sidik Jari

Fitur ini tidak hanya digunakan untuk membuka dan mengamankan ponselmu, akan tetapi juga mendukung Android Pay dan pembelian dari Google Play Store hanya dengann menyentuh sensor dengan jari.

7. Now On Tap

Dengan fitur ini kamu akan bisa mengakses Google Now dengan cara menahan tombol Home.

8. Track Memory

Dengan fitur baru ini kamu akan bisa melihat aplikasi apa saja yang paling sering memakan memori jumlah besar serta dapat memonitor seberapa sering aplikasi tersebut berjalan.

9. Auto-backup

Fitur yang cukup penting nih karena memungkinkan pengguna yang ingin berganti smartphone untuk tidak perlu repot mengatur ulang dari awal aplikasi yang pernah dipakai sebelumnya. Fitur ini berguna untuk secara otomatis mem-backup semua data pengguna dan setelan pengaturan ke Google Drive.

Tags:

2 responses to “Beberapa Fitur Keren Baru Yang Ada di Android Marshmallow”

  1. Gege says:

    ANDA SALAH! smartphone yg bakal pertama kali mencicipi Android Marshmallow OFFICIAL adalah NEXUS SERIES. Bukannya seperangkat samsung seperti yg anda bilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *