Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen Atau Sementara

Kamuiyakamu.com – Dalam tutorial berikut ini akan saya jelaskan bagaimana cara menghapus akun Facebook secara sementara atau permanen.

Saya yakin pasti banyak yang membutuhkan informasi ini mengingat diantara banyaknya pengguna situs jejaring sosial Facebook, tentu masing-masing punya kebiasaan yang berbeda.

Setiap hari seiring dengan munculnya akun-akun baru, pasti ada saja sebagian pengguna yang memutuskan untuk berhenti menggunakan akun miliknya. Barangkali kamu termasuk salah satunya!

Cara menghapus akun Facebook sendiri buat sementara waktu

Yang dimaksud dengan menghapus secara sementara adalah menonaktifkan akun Facebook untuk sementara waktu dan suatu saat masih bisa diaktifkan kembali. Ini biasanya diperlukan apabila kamu ingin beristirahat beberapa saat dari aktifitas di dunia maya.

Berikut adalah hal-hal yang terjadi apabila kamu menonaktifkan akun Facebook kamu :

  • Orang tidak akan dapat melihat informasi pada Kronologi di Facebook kamu
  • Orang-orang di Facebook tidak akan dapat mencari kamu
  • Beberapa informasi, seperti pesan yang kamu kirim, mungkin masih terlihat oleh orang lain
  • Facebook menyimpan informasi di akun kamu (misalnya: teman, foto, minat), kalau-kalau kamu ingin kembali ke Facebook suatu hari nanti. Jika kamu memilih untuk mengaktifkan kembali akun kamu, maka informasi di profil kamu tetap ada ketika kamu kembali

Untuk menonaktifkan akun Facebook buat sementara, ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Login ke akun Facebook dan tekan menu akun yang terletak sebelah kanan atas setiap halaman Facebook (lihat gambar di bawah yang dilingkari merah)

tutorial cara menonaktifkan akun facebook

2. Pilih opsi “Pengaturan” atau “Setting” (Lihat gambar di bawah)

cara menghapus akun facebook untuk sementara

3. Pilih “Keamanan” atau “Security” di kolom kiri

panduan cara menonaktifkan akun facebook

4. Pilih “Nonaktifkan akun Anda” atau “Deactivate your account”

cara menonaktifkan akun facebook untuk sementara

5. Selanjutnya ikuti saja langkah yang diminta untuk mengonfirmasi. Biasanya akan diberikan pertanyaan sepert Alasan keluar yang Wajib diisi. Sedangkan untuk pertanyaan yang lain tak wajib diisi. Jika sudah yakin dengan jawabanmu, silahkan tekan tombol “Nonaktifkan”.

Cara menghapus akun Facebook secara permanen

Nah, dengan demikian kamu sekarang sudah tahu bagaimana cara menghapus akun Facebook buat sementara waktu biar kemudian hari bisa diaktifkan kembali. Selanjutnya, kamu akan mempelajari bagaimana cara menghapus akun Facebook buat selamanya melalui tutorial berikut ini.

Sebelumnya, perlu kamu ketahui apa saja hal-hal yang terjadi apabila kamu menghapus akun Facebook pribadimu secara permanen :

Tampilkan Spoiler
  • Kamu tidak akan bisa mendapatkan kembali akses ke akun kamu
  • Beberapa hal yang kamu lakukan di Facebook tidak disimpan dalam akunmu. Sebagai contoh, seorang teman mungkin masih memiliki pesan dari kamu, bahkan setelah kamu menghapus akunmu. Informasi ini masih tetap ada setelah kamu menghapus akun
  • Diperlukan waktu 90 hari untuk menghapus semua hal yang kamu kirimkan, seperti foto, pembaruan status, atau data lainnya yang disimpan di sistem pencadangan data. Saat Facebook menghapus informasi ini, informasi tersebut tidak akan dapat diakses oleh orang lain yang menggunakan Facebook
  • Salinan sebagian material (misal: catatan log) mungkin tetap berada di database Facebook karena alasan teknis. Saat Kamu menghapus akun, materi ini akan diputuskan dari semua pengidentifikasi pribadi

Peringatan : Harap kamu ingat bahwa kamu tidak akan lagi bisa mengaktifkan akun ataupun mengambil data apapun yang pernah kamu tambahkan. Jika diperlukan, kamu bisa menyalin salinan informasi milikmu dari Facebook terlebih dulu.

Tampilkan Spoiler
  • Tekan tombol menu tombol menu di bagian atas sembarang halaman Facebook dan pilih “Pengaturan”
  • Klik “Unduh salinan data Facebook Anda” di bawah Pengaturan Akun Umum
  • Klik “Mulai Arsip Saya”

Nah, kalau sudah mantap dan yakin untuk menutup akun facebook pribadimu buat selamanya, ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Login ke akun Facebook dan masuklah ke halaman ini https://www.facebook.com/help/delete_account

2. Kemudian ikuti langkah selanjutnya yang diminta

Yah, dengan demikian selesai sudah tutorial cara menonaktifkan akun Facebook dan cara menghapus akun Facebook secara permanen ini. Selamat mencoba langkah demi langkah semoga sukses. Jangan lupa meninggalkan komentarnya apakah berhasil atau tidak. Jangan sungkan mengirim pesan melalui contact form di bagian bawah halaman blog ini apabila menemui kesulitan. 😀

8 Comments - Add Comment

Reply