Cara Mengakses Gmail Tanpa Koneksi Internet Pakai Chrome

Kamuiyakamu.com – Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengakses Gmail meski tanpa koneksi internet dengan menggunakan Chrome.

Tutorial ini akan berguna bagi kamu yang ingin sekedar membaca, menghapus atau mengorganisir pesan ke dalam folder-folder tertentu di akun Gmail kamu meskipun sedang berada di lokasi yang koneksi internetnya lemot atau bahkan tidak dapat sinyal sama sekali.

Apakah dengan cara ini juga bisa mengirim email tanpa tersambung ke internet?

Bisa saja, tapi untuk proses pengiriman tetap harus menunggu komputer tersambung ke internet. Kelebihannya adalah email yang kamu kirimkan dalam posisi “offline” tersebut akan segera dikirimkan secara otomatis begitu komputer terkoneksi ke internet tanpa harus menulis ulang email dan mengirimkannya kembali.

Caranya cukup mudah, yang perlu dilakukan cuma menambahkan Offline Google Mail ke browser Chrome kamu.

Cara Mengakses Gmail Tanpa Koneksi Internet

Gmail Offline for Chrome bisa didapatkan di Chrome Web Store, tinggal browse saja dengan kata kunci “Gmail Offline”.

Setelah muncul, tekan tombol “add to chrome” maka pop up instalasi aplikasi akan muncul. Selanjutnya, tekan “install” dan aplikasi Gmail Offline akan terpasang di browser chrome.

Cara kerja “Gmail Offline” ini adalah dengan melakukan backup secara otomatis ketika komputer masih terkoneksi ke internet dan akan disimpan ke dalam komputer sehingga selanjutnya memungkinkan pengguna untuk mengakses isi email di Gmail meskipun sudah tidak tersambung ke internet.

“Gmail Offline beta adalah aplikasi Gmail yang dibangun untuk mendukung akses secara offline, memungkinkan untuk membaca, membalas, mencari dan mengarsipkan email tanpa akses jaringan. Setelah memulai pertama kalinya, Gmail Offline akan secara otomatis melakukan sinkronisasi pesan dan antrian tindakan setiap saat Chrome berjalan dan tersambung ke koneksi internet. Lebih dari sekedar aplikasi offline, tampilan antarmuka pengguna didasarkan pada antarmuka tablet populer Gmail, menyediakan waktu respon yang sangat cepat dengan pengalaman, murni terfokus email”, demikian bunyi deskripsi aplikasi untuk Chrome ini.

Silahkan dicoba, tentunya dengan menerapkan tips ini kamu tak perlu khawatir tidak bisa mengakses email di akun Gmail kamu meskipun sedang bepergian ke tempat yang sulit mendapatkan akses internet.

Add Comment