Cara Mudah Membuat dan Memasang Favicon Pada Blog WordPress

Cara membuat dan memasang favicon pada blog WordPress ini sebenarnya sangat mudah dipelajari dan dipraktekkan.

Favicon yang merupakan singkatan dari Favorites Icon ini meski mungkin tidak begitu penting dalam segi tampilan halaman website, akan tetapi ini bisa menjadi identitas dari blog kita.

Saat kamu membuka sebuah website ternama biasanya akan terlihat gambar yang khas pada bagian tab browser.

Wikipedia misalnya, memiliki favicon berupa huruf W berwarna hitam dengan background berwarna putih. Begitu pula blog Kamuiyakamu.com juga memiliki favicon yang khas.

Nah, jika kamu memiliki sebuah blog berplatform WordPress, dan ingin menambahkan favicon agar blog kamu memiliki identitas yang khas, cobalah praktekkan tutorial sederhana berikut :

Salah satu cara paling mudah membuat favicon dengan desain kamu sendiri yaitu dengan menggunakan favicon generator.

Cukup kunjungi alamat www.favicon.cc kemudian di sana kamu bisa mengkreasikan favicon sesuai keinginanmu, dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan. Bahkan, kamu bisa mengkreasikan favicon dengan format.gif yang gambarnya bisa bergerak.

cara membuat memasang favicon

Coba deh kamu lihat favicon blog ini, disitu gambarnya berubah-ubah khan? Kamu bisa kok bikin yang bahkan lebih bagus dari itu.

Cara memasang favicon di blog wordpress

Nah, setelah favicon dengan desain kamu sendiri telah selesai dibuat dan disimpan dalam komputer, selanjutnya adalah menambahkannya ke dalam website.

Pertama, kamu musti masuk ke dalam Dasbor WordPress dan mengedit header.php, yang lokasinya biasanya berada di http://namadomainkamu.com/wp-admin/theme-editor.php.

Kedua, upload favicon ke blog kamu dan kopi url gambarnya, misalnya http://kamuiyakamu.com/wp-content/uploads/2015/07/kamuiyakamu.gif

Ketiga, tambahkan kode berikut di bagian bawah <head>

Keempat, simpan.

Setelah itu coba kamu buka blog kamu di browser lalu cek apakah favicon sudah muncul atau belum. Jika kamu mengikuti langkah di atas secara benar saya yakin pasti akan berhasil. Namun, jika favicon tak mau muncul, coba hubungi saya melalui contact form, saya akan membantu kamu mengecek barangkali ada yang salah. Oke, semoga tips ini bermanfaat buat kamu semua, ya.

Add Comment