Bagaimana Cara Membuat Blog Sendiri Yang Menarik Dan Keren

Kamuiyakamu.com – Bagaimana sih cara membuat blog sendiri tapi yang menarik dan keren? Mungkin pertanyaan semacam ini pernah menghiasi pikiran kamu yang mulai tertarik dengan dunia blogging.

Ngeblog memang salah satu aktfitas yang mengasyikkan di era internet sekarang ini. Selain mendapatkan kepuasan tersendiri dengan mencurahkan isi pikiran kita ke dalam tulisan-tulisan yang bisa dibaca banyak orang, juga bisa menambah sahabat dengan sesama blogger.

Kamu mungkin sudah atau apa itu maksudnya blog dan bahkan mungkin sudah memiliki seorang idola blogger profesional.

Ya, blog yang merupakan singkatan dari web log ini adalah suatu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum. Nah, kamuiyakamu.com ini juga adalah salah satu contoh dari sebuah blog pribadi.

Kamu bisa kok bikin blog sendiri dengan tampilan yang menarik dan keren. Itu bisa diatur asalkan mau belajar. Sebelumnya, kamu musti memutuskan terlebih dahulu mau ngeblog pakai platform apa? Beberapa platform blog populer yang sering dipakai diantaranya Blogger, Tumblr, WordPress.

Pada posting selanjutnya, saya akan memberikan tutorial satu persatu bagaimana cara membuat blog sendiri dengan menggunakan platform blog Blogger, Tumblr, dan juga WordPress.

bagaimana cara membuat blog

Gambar ilustrasi blog : Pelajari bagaimana cara membuat blog sendiri dengan tampilan yang keren dan menarik.

1. Membuat blog di Blogger (Tutorial masih dalam proses)
Blogger adalah salah satu platform blogging paling populer di dunia yang dihost oleh Google. Banyak kemudahan yang akan kamu dapat bila menggunakan platform ini. Diantaranya, kamu tak perlu mengeluarkan biaya untuk membuat banyak blog dan menulis berapapun jumlah artikel di blog kamu tersebut. Tentunya masih ada beberapa batasan-batasan yang diberikan seperti tertulis di https://support.google.com/blogger/answer/42348.

2. Cara buat blog di Tumblr (Tutorial masih dalam proses)
Tumblr sudah lama menjadi platform blogging yang populer di dunia. Dan kini, Yahoo sudah mengakuisisinya. Meski begitu, kamu masih bisa mendapatkan layanan yang sama baiknya dengan sebelumnya. Dengan tumblr kamu bisa membuat banyak blog dan artikel tanpa mengeluarkan biaya.

3. Membuat blog di WordPress.com (Tutorial masih dalam proses)
Buat blog di WordPress.com sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya, tapi kamu harus memperhatikan peraturan-peraturan yang diberikan kalau gak ingin blog kamu tiba-tiba dihapus. Karena WordPress.com amat ketat dalam memerangi spam. Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak kebebasan di WordPress.com, maka perlu mempertimbangkan WordPress.com Premium atau WordPress.com Bisnis yang tentu saja dikenakan biaya pertahun.

4. Membuat blog di Blogdetik.com
Blogdetik memiliki tagline “Platform Blog Lokal Asli dari Indonesia”. Sebelumnya, selama sekitar 7 tahun blogdetik menggunakan platform WordPress. Namun kini, kamu patut bangga ngeblog pakai Blogdetik karena sudah memiliki platform sendiri yang dikembangkan oleh detik.com. Dengan kata lain platform yang mereka pakai adalah asli dari Indonesia. Tak kalah dengan Blogger, Tumblr dan WordPress.

5. Buat blog wordpress hosting sendiri (Tutorial masih dalam proses)
Kalau menurut saya secara pribadi, membuat blog dengan platform wordpress di hosting sendiri adalah pilihan paling bagus karena kita bisa bebas melakukan apapun terhadap blog kita. Meski begitu ada beberapa kelemahan diantaranya :

  • musti mengeluarkan biaya buat membeli nama domain dan hosting
  • berisiko blog di-deface oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab apabila kita kurang memperhatikan sisi keamanan meski WordPress sendiri sebenarnya sudah sangat aman tapi biasanya celah ada di plugin/theme yang dipergunakan
  • jika pengunjung blog amat banyak hingga puluhan ribu pengunjung maka blog akan mudah ‘down’ apabila tidak didukung oleh hosting yang memadai
  • dsb

Itulah tutorial bagaimana cara membuat blog sendiri dengan menggunakan 3 platform blogging yang paling populer di dunia plus platform blog lokal asal Indonesia. Pelajari dan praktekkan dengan baik, semoga bisa menjadi tulisan yang bermanfaat buat semuanya.

7 Comments - Add Comment

Reply