Sidang Isbat 2015 Digelar Selasa Sore, Awal Ramadhan Bisa Serentak?

Meskipun sidang Isbat 2015 baru akan digelar selasa sore (16/06/2015). Tapi, ada indikasi bahwa awal puasa Ramadhan 2015 kemungkinan bisa serentak, baik NU ataupun Muhammadiyah mengisyaratkan bahwa awal puasa akan berlangsung tanggal 18 Juni 2015. Baca : Jadwal Puasa Ramadhan 2015 dan Jadwal Imsakiyah 2015

Hal tersebut tentunya akan menjadi angin segar, mengingat pada waktu-waktu sebelumnya, seringkali terdapat perbedaan awal puasa dan juga penentuan 1 syawal.

Muhammadiyah, sebagai salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia menegaskan bahwa 1 Ramadhan 1436 Hijriyah adalah tanggal 18 Juni 2015.

Sedangkan NU, meski sudah mengisyaratkan waktu yang sama dengan Muhammadiyah, akan tetapi organisasi islam terbesar di Indonesia ini masih menunggu hasil sidang Isbat 2015 yang kabarnya digelar tertutup selasa sore. Seperti biasanya, Nu akan mengikuti keputusan pemerintah untuk penentuan awal puasa ramadhan.

“Badan rukyat dan hisab akan melakukan rukyat untuk melihat hilal. Sidangnya tertutup, hasilnya disampaikan secara terbuka,” ungkap Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Machasin kepada awak wartawan.

Ya, sebagai umat muslim sebaiknya puasa ramadhan menjadikan kita sebagai manusia yang lebih baik lagi dari tahun ke tahun. Bulan puasa Ramadhan adalah sebuah momentum yang baik untuk menghilangkan sifat-sifat buruk yang masih kita miliki dan meningkatkan amal serta ketakwaan kepada Allah swt.

Semoga saja hasil sidang isbat 2015 yang kabarnya digelar sehabis sholat ashar akan mampu mempersatukan waktu awal puasa dan lebaran tahun ini. Yuk kita berdo’a bersama!

Baca juga :