Resep Cara Membuat Krengsengan Daging Sapi Yang Empuk

Kamuiyakamu.com – Krengsengan adalah menu masakan yang mungkin sering kamu temui di warteg.

Meskipun tampilannya terlihat sederhana, akan tetapi tidak ada yang meragukan enaknya menikmati krengsengan daging sapi atau kambing bersama nasi hangat.

Kaum wanita yang penasaran pasti akan mencari resep cara membuat krengsengan dan mencoba membuatnya sendiri di rumah. Nah, berikut ini saya akan berbagi resep membuat krengsengan dengan tambahan bumbu petis udang dan tomat.

Beberapa orang mungkin lebih suka membuat krengsengan tanpa tambahan petis udang dan tomat. Selera tiap orang bisa saja berbeda-beda.

Krengsengan biasanya menggunakan daging kambing, namun banyak juga ditemui yang menggunakan daging sapi. Selain itu masih ada juga krengsengan berbahan jer0an atau bahkan iga.

Oke, sebelum memulai praktek, persiapkan terlebih dahulu bumbu yang diperlukan.

Gambar ilustrasi krengsengan daging sapi

Gambar ilustrasi krengsengan daging sapi

Bahan krengsengan

  • 1/4 kg daging kambing atau sapi
  • 1/2 sendok makan petis udang (bagi yang tidak punya petis udang atau tidak suka rasa petis, tidak pakai juga tidak apa-apa)
  • 4 sdm minyak goreng
  • 4 gelas air putih
  • 1 sendok teh merica/lada bubuk
  • 2 sdm kecap manis atau sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • 2 buah tomat segar diiris masing-masing menjadi 8 bagian

Bumbu krengsengan yang dihaluskan

  • 6 buah cabe rawit
  • 6 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Tips tambahan :
1. bagi sebagian orang lebih suka tidak menambahkan petis udang
2. jumlah cabe bisa saja dikurangi atau ditambah sesuai dengan selera
3. jumlah tomatnya juga bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan selera, dan disarankan menggunakan tomat merah karena rasa asamnya tidak begitu kuat dibandingkan dengan tomat hijau
4. daging bisa diiris sebesar dadu atau sesuai selera, asalkan tidak terlalu tebal, bisa juga digepuk-gepuk biar lebih empuk hasilnya

Cara memasak krengsengan

1. Daging dicuci dan dipotong menjadi sebesar dadu
2. Haluskan semua bumbu yang sudah dipersiapkan, tumis hingga harum. Saat menumis bumbu sebaiknya dengan api sedang agar tidak mudah gosong
3. Masukkan potongan tomat dan aduk sampai layu
4. Campurkan potongan daging dan aduk merata sampai berubah warna
5. Masukkan kecap manis, petis udang, garam, lada. Aduk merata dan tambahkan air
6. Rebus hingga airnya menyusut menjadi kuah kental dan dagingnya empuk
7. Angkat ke dalam wadah dan sajikan dengan nasi putih hangat

Cara mengempukkan daging

Saat mempraktekkan resep ini mungkin kamu akan memerlukan tips bagaimana cara mengempukkan daging biar pas matang nanti dagingnya tidak terasa keras.

Salah satu cara tradisional yang sering dipakai untuk mengempukkan daging adalah dengan bantuan buah nanas muda. Caranya, buah nanas diparut atau diblender sampai lembut. Kemudian potonglah daging menjadi irisan kecil, lalu lumuri dan remas dengan parutan nanas. Diamkan kurang lebih selama 30 menit dan cuci dengan air bersih sebelum dimasak.

Jika kesulitan menemukan buah nanas, masih ada cara lainnya untuk mengempukkan daging, yaitu dengan bantuan freezer. Daging yang sudah dimasukkan ke dalam freezer akan lebih empuk dan mudah diolah dibanding daging segar yang baru saja dipotong.

Silahkan kamu cuci daging yang habis kamu beli dengan air mengalir, jangan direndam. Kemudian simpan dalam wadah tertutup rapat dan simpan di dalam freezer sampai waktu yang dibutuhkan.

Oke, selamat mencoba mempraktekkan resep cara membuat krengsengan di atas, semoga berhasil dan mendapatkan hasil memuaskan rasanya enak dan dagingnya empuk.

3 Comments - Add Comment

Reply