Cara Membuat Telur Asin, Inilah 3 Macam Cara Pembuatannya

Kamuiyakamu.com – Cara membuat telur asin itu sebenarnya cukup mudah, dan selama ini ada 3 metode cara pembuatan telur asin yang sering dipakai.

Yaitu dengan Perendaman dalam larutan garam, Pemeraman telur menggunakan adonan garam serta Merendam telur pada adonan garam.

Tentu saja untuk menikmati telur asin kamu tak selalu harus membuatnya sendiri. Meski metode membuatnya amat mudah tapi cukup memakan waktu lho.

Artikel ini hanya bertujuan sebagai pengetahuan saja. Kalau ingin menikmati telur asin yang enak mending langsung beli ke warung atau toko terdekat biar gak repot kalau saya hehe.

Telur asin, selain rasanya enak sehingga menjadi salah satu makanan kesukaan masyarakat kita, juga memiliki kandungan gizi yang bagus. Bahkan katanya gizi telur asin mampu membantu menjaga perkembangan otak anak kita.

Telur asin biasanya terbuat dari telur bebek yang mana nilai gizinya lebih tinggi kalau dibandingkan sama telur ayam.

Nutrisi yang terdapat dalam telur asin diantaranya protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B1.

Persiapan

  • Pertama kali harus mempersiapkan telur bebek yang akan dibikin telur asin. Dan telurnya harus keadaan mentah belum dimasak.
  • Jangan lupa membersihkan telur dengan air bersih terlebih dahulu untuk menghilangkan sesuatu yang menempel di cangkang telur. Jika sudah bersih bisa juga diamplas sedikit permukaan telurnya biar pori-porinya terbuka.
  • Jika kesulitan mendapatkan telur bebek bisa juga pakai telur ayam meski hasilnya mungkin gak sebagus telur bebek.
  • Tes dulu telurnya apakah masih layak diolah atau tidak, caranya dengan memasukkan telur ke dalam wadah berisi air. Jika telurnya tenggelam, berarti masih layak dikonsumsi. Sedangkan kalau telurnya mengambang itu berarti telah rusak dan tak layak konsumsi.

Pembuatan

Oke, berikut ini adalah 3 cara pembuatan telur asin yang sering dipakai :

1. Perendaman dalam larutan garam
Cara membuat telur asin dengan metode ini amat simpel dan praktis. kamu hanya perlu merendam telur bebek ke dalam larutan garam. Caranya persiapkan air dingin lalu tambahkan garam dan aduk sampai larut. Biasanya waktu yang diperlukan untuk perendaman selama 7-10 hari. Jika ingin hasil telur yang lebih asin maka waktu perendaman bisa ditambah lebih lama lagi.

Jika kamu bingung berapa komposisi campuran garam dan air, bisa mencoba komposisi berikut ini :

  • 12 btr telur bebek 

  • 500 gr garam kasar

  • 1,5ltr air

Tapi perlu dicatat bahwa telur asin yang dihasilkan dengan cara pertama ini mungkin hasilnya tak akan sebagus dengan metode no.2 dan 3 di bawah ini.

2. Pemeraman telur menggunakan adonan garam
Cara membuat telur asin dengan metode ini membutuhkan serbuk batu bata atau abu gosok dengan garam. Campurkan abu gosok atau serbuk batu bata dengan garam dan tambahkan air hingga berbentuk seperti pasta.

Sebelumnya, jangan lupa mencuci telur yang sudah dipersiapkan sampai bersih. Lalu, telur bisa dilaburi dengan dengan pasta tersebut sampai cangkangnya tertutup pasta. Dan simpan selama satu atau dua minggu. Jika tidak suka dengan rasa telur yang terlalu asin maka cukup selama seminggu.

proses pembuatan telur asin

gambar cara membuat telur asin

Gambar ilustrasi cara membuat telur asin sendiri. Photo credit endyndyindy.blogspot.com

3. Merendam telur pada adonan garam
Metode ini prosesnya hampir sama dengan metode ke-2 yaitu dengan membuat campuran bubuk batu bata atau abu gosok dengan air dan garam. Akan tetapi lebih simpel, karena telur tak usah dilaburi satu persatu. Cukup bikin adonan dengan abu gosok atau batu bata dicampur air dan garam.

Selanjutnya masukkan sebagian adonan ke dalam wadah kosong, masukkan telur ke dalamnya. Beri sedikit celah untuk penempatan masing-masing telur. Nah, jika telur sudah tersusun dalam wadah selanjutnya tuangkan sisa adonan ke dalam wadah tadi hingga menutupi telur. Waktu perendaman berkisar 7-10 hari.

Pemanenan

Saat memanen telur asin yang sudah jadi, penting untuk membasahi adonan yang melapisi cangkang telur dengan air bersih supaya tidak rusak. Karena ketika dibiarkan dalam penyimpanan selama beberapa hari kemungkinan pasta atau adonan sudah agak mengering. Begitu encer terkena air, akan lebih mudah untuk mengambil telur satu persatu kemudian dicuci sampai bersih dan dikukus sampai matang.

Artikel cara membuat telur asin ini hanya untuk pengetahuan umum dan menambah wawasan kamu. Jika ingin mengetahui cara membikin telur asin yang benar-benar enak seperti yang dijual di toko atau pasar, kamu bisa belajar langsung ke tukang pembuat telur asin yang ada di daerahmu 😀

2 Comments

  1. nafi'ul um 9 May 2016
  2. ifan 18 February 2016

Add Comment