Cara Membuat Pancake Sendiri Yang Enak dan Mudah di Rumah

Kamuiyakamu.com – Resep cara membuat pancake yang enak dan bisa dibuat sendiri di rumah amat diminati terutama oleh kaum perempuan.

Itu karena kue pancake selain rasanya yang enak juga memiliki bentuk yang cantik sehingga sangat pantas untuk disuguhkan kepada tamu spesial yang berkunjung ke rumah ataupun buat sajian bersama anggota keluarga.

Bagi yang sudah sering membuat kue pancake, mungkin resep yang dibagikan berikut ini akan terlihat amat mudah.

Namun, bagi yang baru pertama kali belajar membikin pancake akan merasa ragu apakah akan berhasil atau gagal. Dan itu wajar banget, yang penting percaya diri dulu.

Sebenarnya sih cara membuat kue pancake ini memang cukup mudah. Asalkan kamu sudah menyediakan bahan dan peralatan yang diperlukan, maka tinggal mengikuti petunjuk langkah cara membuatnya.

Oke, jika kamu memang sangat tertarik untuk belajar cara membuat pancake sendiri di rumah, langkah pertama adalah belanja bahan yang dibutuhkan.

resep cara membuat pancake

resep cara membuat pancake

Bahan utama yang harus kamu siapkan :

1. Tepung terigu 100 gram
2. Susu 200-250 ml
3. Telur 2 butir (pisahkan antara kuning dan putihnya)
4. Margarin
5. Garam secukupnya

Untuk topping kamu bisa menggunakan sirup atupun es krim.

Alat yang dibutuhkan :

1. Mixer
2. Teflon
3. Wadah

Nah, jika semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan sudah dipersiapkan semua, yuk ikuti langkah demi langkah cara membuat kue pancake berikut ini :

Cara membuat

1. membuat adonan dari terigu, susu, garam dan bagian kuning telur. Bisa juga ditambahkan gula pasir secukupnya apabila ingin rasa pancakenya lebih manis. Aduklah ketiga bahan tersebut menggunakan mixer dengan kecepatan paling rendah hingga tercampur secara merata.

2. kemudian kocoklah bagian putih telur sampai mengental dan kaku.

3. campur adonan pada langkah 1 di atas dengan adonan putih telur. caranya, masukkan adonan putih telur sedikit demi sedikit. Untuk menghindari agar putih telur tidak mengental menjadi satu, kamu bisa menggunakan teknik pancing untuk mencampurnya.

Yaitu dengan cara mengambil sedikit putih telur lalu dimasukkan ke dalam terigu sambil diaduk rata. Tambahkan sedikit demi sedikit baru kemudian masukkan adonan terigu ke dalam putih telur. Tujuannya adalah biar putih telur tidak bergerindil-gerindil. Jika putih telur dapat tercampur dengan baik, maka adonan pun dapat mengembang dengan baik.

4. ambillah teflon yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan panaskan pada kompor. Usahakan menggunakan teflon yang ukurannya paling kecil supaya api bisa merata pada seluruh bagian. Setelah panas, kecilkan apinya, kemudian olesi permukaan teflon dengan margarin dan ratakan pada setiap permukaan teflon.

5. tuanglah adonan pada teflon sedikit demi sedikit maksimal sebanyak 2 sendok sayur, tujuannya biar adonan tersebut dapat matang pada seluruh bagian.

6. setelah selesai, kemudian tutup teflonnya dan biarkan hingga salah satu bagian benar-benar matang. Sesudah satu bagian matang, bukalah tutupnya dan balikkan agar kedua sisi bisa sama matang secara sempurna.

5. Bila kedua bagian sudah mengeras, silahkan diangkat dan disajikan kepada keluarga atau tamu yang ada dirumah anda. Jangan lupa untuk memberikan topping diatas pancake tersebut.

Mudah sekali cara membuat kue pancake sendiri di rumah. Dan kamu bisa saja menggunakan variasi toping yang lainnya selain yang disebutkan dalam resep ini. Silahkan berkreatifitas, ladies.

Tags: , ,

Add Comment