Mengenal Macam Jenis Bahan Jaket Yang Populer

Kebetulan saat menulis ini sedang musim hujan, jadi sangat bersemangat sekali mengulas macam jenis bahan jaket yang populer atau sering kita jumpai di pasaran tanah air.

Ya, seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa toko online yang menjual jaket sekarang ini menawarkan banyak sekali model jaket yang mampu membuat mata kita terpana dan ingin sekali membelinya, apalagi saat musim hujan.

Nah, buat yang penasaran dan ingin mengenal mecam jenis bahan jaket, yuk simak informasi menarik berikut :

bahan jaket

1. Bahan Diadora, Adidas dan Lotto

Ketiga jenis bahan ini termasuk bahan yang murah dan ekonomis. Akan tetapi, karena biasanya model yang dikeluarkan oleh produsen jaket sangatlah menarik maka gak akan malu-maluin pakai jaket dengan bahan ini. Biasanya sih ketiga bahan ini seringkali dipergunakan untuk membuat jaket jenis sport. Termasuk bahan yang dingin saat dipakai dan dapat menyerap keringat dengan cukup baik. Cocok digunakan untuk berolahraga. Lotto dan Diadora adalah bahan jaket yang agak mengkilat, Diadora agak lebih tebal, sedangkan Adidas lebih tidak mengkilat. Nama bahan ini sendiri sebenarnya diambil dari merek yang sering menggunakan bahan tersebut.

2. Bahan Micro fibre

Bahan ini bersifat tipis seperti parasut, sekilas terlihat seperti bahan kain, bukan bahan nylon, 1 sisi mengkilap sisi yang lain dop (redup).

3. Bahan Parasut

Bahan ini dikenal memiliki sifat yang kedap air akan tetapi tingkat kedap airnya tidak akan bertahan lama jika dipakai saat hujan deras, terbuat dari 100% nylon, tipis dan tidak bisa menyerap keringat oleh karena itu tidak disarankan memakai jaket berbahan parasut saat cuaca panas.

4. Bahan Taslan

Bahan ini termasuk sangat populer dan dikenal memiliki sifat anti air (meskipun tidak semua jenis bahan taslan bersifat anti air). Jika dilihat sekilas, bahan taslan akan mirip dengan bahan parasut, akan tetapi bahan ini memiliki sifat lebih tebal, lembut, ringan dan kuat dibanding bahan parasut. Biasanya sering dipergunakan untuk membuat jaket motor, jaket varsity, rompi, parka atau jaket untuk keperluan outdoor lainnya. Kelebihan jaket bahan taslan adalah tidak mudah ditembus angin.

5. Bahan Corduray

Bahan ini adalah jenis bahan tektil yang terbuat dari serat kapas tebal yang dipuntir dan memiliki tekstur yang baik dan halus. Kain ini terdiri dari tali berumbai yang akan terlihat seperti saluran yang berbentuk garis-garis disepanjang kainnya. Jenis bahan corduroy biasanya dipakai untuk membuat sweater, blazer wanita, celana panjang, dan jaket anak. Bahan ini memiliki variasi warna yang lebih banyak pilihannya.

6. Bahan Drill

Bahan ini memiliki banyak jenis ada yang keluaran pabrik dalam negeri ataupun luar negeri (misalnya American Drill, Japan Drill dsb). Biasanya bahan ini dipergunakan untuk membuat jaket-jaket yang agak formal. Bahkan bisa juga dipergunakan untuk bahan celana.

7. Bahan Terry

Bahan terry ini terbilang tebal namun tifak panas dipakai. Jaket yang terbuat dari bahan Terry ini sangat cocok buat mereka yang hidup di daerah beriklim tropis. Bagian luar handfeelnya seperti bahan kaos,bagian dalam kayak handuk. Bahan lebih tipis dari fleece.

8. Bahan Fleece

Bahan Fleece ini seperti Terry akan tetapi berbulu pada bagian dalamnya sehingga menjadi lebih tebal dibandingkan terry. Jaket berbahan fleece ini cocok buat mereka yang hidup di wilayah cukup dingin. Fleece ini ada yang 100% cotton ada yang 100% polyester. Bahan kain ini memiliki bulu halus, tekstur yang lembut, dan besifat menyerap air (Hidrofobik). Jika dipakai untuk membuat jaket, bahan fleece sangat baik dalam menahan panas tubuh sehingga penggunanya akan merasa hangat. Karena itulah, jaket yang memakai bahan fleece sebaiknya tidak dipakai saat cuaca panas terik. Bahan fleece biasa digunakan untuk membuat jaket hoodie, jaket varsity, dan sweater.

9. Bahan kanvas

Bahan kanvas adalah biasa dipergunakan untuk membuat jaket kasual ataupun semi resmi. Jenis bahan ini bervariasi, dari serat dan ketebalan yang berbeda-beda. Bahan kanvas lapisan atasnya sedikit berbulu dan benang atau material ringan mudah menempel pada bahan kanvas.

10. Bahan Denim/Jeans

Tentunya kamu semua mungkin sudah tak asing dengan jaket berbahan jeans / denim. Bahan yang biasa kita jumpai juga sebagai pembuatan celana ini banyak juga dipakai untuk bahan pembuatan jaket, rompi, topi, blazer, dsb. Dengan coraknya yang unik membuat jaket dengan bahan ini diminati banyak orang baik laki-laki ataupun perempuan. Teksturnya pun bervariasi, ada yang lembut dan kasar, tidak terlalu lentur, dan kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *