Arti Peribahasa Sedia Payung Sebelum Hujan dan Contoh Penggunaannya

Kamuiyakamu.com – Kamu mungkin sering mendengar orang ngomong peribahasa sedia payung sebelum hujan.

Apa sih artinya? Bagi yang belum tahu pasti merasa penasaran.

Oke, sebenarnya itu hanya satu dari sekian banyak peribahasa Bahasa Indonesia yang mempunyai fungsi diantaranya untuk mengingatkan seseorang tentang pelbagai kemungkinan yang akan datang dan membuat pilihan sebelum bertindak.

Nah, arti peribahasa sedia payung sebelum hujan sendiri dapat diungkapkan dengan beberapa macam kalimat, meskipun sebenarnya maknanya sama. Diantaranya yaitu :

  • Harus selalu waspada sebelum segala sesuatu terjadi.
  • Mengantisipasi masalah sebelum masalah tersebut itu terjadi.
  • Sebaiknya berjaga-jaga sebelum datang suatu bencana atau bahaya.

Itulah beberapa arti dari “sedia payung sebelum hujan”. Sedangkan yang berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan peribahasa ini dalam suatu percakapan sehari-hari.

  • Eh, andi lebih baik kita membawa pakaian cadangan yang lebih banyak, apa salahnya sedia payung sebelum hujan.
  • Sebelum berangkat ke kantor naik motor, jangan lupa membawa jas hujan, biar tidak berhenti di tengah perjalanan, sedia payung sebelum hujan.
  • Sedia payung sebelum hujan, lebih baik aku menabungkan sebagian uang gaji daripada kalau ada kebutuhan yang mendesak kalang kabut.

Perlu dicatat bahwa penjelasan arti peribahasa sedia payung sebelum hujan ini bukanlah penjelasan dari kamus peribahasa bahasa indonesia yang diterbitkan oleh suatu instansi resmi, akan tetapi murni diterjemahkan berdasarkan pemahaman dari penulis tulisan ini dan juga didasarkan dari berbagai sumber di internet.

arti peribahasa sedia payung sebelum hujan

Gambar ilustrasi : Inilah arti peribahasa sedia payung sebelum hujan.

Oleh karena itu apabila ada kekurangan ataupun kesalahan, penulis mohon maaf yang sebesarnya.

Dan itulah memang tujuan kita berdiskusi di situs web ini untuk saling melengkapi lewat diskusi bersama yang saling membangun demi lestarinya budaya bahasa Indonesia, yang salah satunya yaitu peribahasa Indonesia.

Add Comment