Arti Peribahasa Sambil Menyelam Minum Air dan Contoh Penggunaannya

Kamuiyakamu.com – Pernah gak sewaktu ketika sedang baca sebuah artikel tiba-tiba dalam sebuah paragraf terdapat peribahasa “sambil menyelam minum air”?

Kalau yang tahu artinya enak saja bisa langsung “nyambung”. Sedangkan yang tak tahu apa arti dari peribahasa tersebut pasti akan bingung jadinya.

Nah, bagi yang belum tahu apa arti peribahasa sambil menyelam minum air, Berikut akan diberikan penjelasan disertai dengan contoh penggunaannya dalam percakapan sehari-ahri.

Diharapkan, kamu akan bisa menerapkannya dalam sebuah percakapan secara tepat guna. Oke, berikut adalah beberapa makna peribahasa “sambil menyelam minum air” :

  • Melakukan suatu pekerjaan sambil mengerjakan pekerjaan yang lainnya.
  • Sambil melakukan sesuatu, juga bisa mempelajari atau mendapatkan manfaat lain dari apa yang dilakukan.
  • Mengerjakan suatu urusan yang dapat pula menyelesaikan urusan yang lain.

Ya, seperti itulah artinya, meskipun bisa digambarkan dengan beberapa macam kalimat akan tetapi maknanya sebenarnya sama.

Contoh penggunaannya dalam percakapan sehari-hari :

  • Mengerjakan PR di rumah teman, selain bisa belajar bareng juga dapat makanan gratis, ibarat sambil menyelam minum air :).
  • Menuntut ilmu di sekolah itu ibarat sambil menyelam minum air, selain bisa mendapatkan ilmu juga bisa mencari banyak teman.
  • Bagi sebagian orang, memancing ikan di kolam itu ibarat sambil menyelam minum air, selain bisa menghabiskan waktu luang, hasil ikan tangkapannya pun bisa dimakan.
  • Berolahraga jogging di pagi itu ibarat menyelam sambil minum air, selain tubuh terasa lebih segar juga bisa menikmati pemandangan alam yang udaranya masih segar.
arti peribahasa sambil menyelam minum air

Gambar ilustrasi : Inilah arti peribahasa sambil menyelam minum air beserta contohnya dalam kalimat.

Itulah arti peribahasa sambil menyelam minum air beserta contoh penggunaannya dalam kalimat. Tentu saja penjelasan tersebut bukan berasal dari sebuah kamus peribahasa bahasa indonesia yang diterbitkan oleh suatu instansi resmi. Akan tetapi berdasarkan pemahaman penulis yang bersumberkan dari berbagai sumber di internet. Oleh karena itu apabila terdapat kekurangan atau kesalahan kami mohon maaf sebesarnya.

Dan itulah tujuan artikel ini ditulis agar kita bisa saling berdiskusi untuk saling melengkapi demi melestarikan bahasa Indonesia agar jangan sampai dalam kehidupan sehari-hari para generasi penerus bangsa lebih memilih menggunakan bahasa asing ketimbang Bahasa indonesia.

2 responses to “Arti Peribahasa Sambil Menyelam Minum Air dan Contoh Penggunaannya”

  1. Asdodi says:

    Menyelam sambil minum air itu artinya tenggelam/kelelep hehe

  2. DERAM says:

    Tak ada gading yang tak retak
    Artinya:Tak ada yg sempuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *