Arti Kata COD Dalam Transaksi Jual Beli Online

Jaman sekarang, transaksi via online sudah bukan merupakan sesuatu yang langka. Hampir semua orang bisa melakukan transaksi secara online dengan mudah.

Apalagi didukung banyaknya perusahaan ekspedisi seperti Pos indonesia, JNE, J&T dsb yang menawarkan harga murah dan relatif cepat sampai, maka transaksi belanja antar pulau sekalipun tidak menjadi halangan.

Meskipun menawarkan kemudahan, transaksi secara online bukan tidak ada kekurangannya. Karena masih ada saja orang yang mengaku tertipu saat belanja secara online. Uangnya sudah ditransfer tapi ternyata barang tidak dikirimkan sama penjual. Oleh karena itulah ada istilah COD.

Arti kata COD dalam transaksi online adalah singkatan dari Cash On Delivery. Dalam penjelasan yang sederhana dapat diartikan ada barang ada uang, barang dibayar waktu diterima.

Namun, banyak yang masih salah kaprah dalam mengartikan COD. Dikira COD adalah ketemuan antara seller dan buyer. Padahal COD ini merujuk kepada pelayanan dari seller yang bersedia mengantarkan barang pesanan kepada buyer dalam area yang dapat dijangkau. Baik itu ke rumah, kantor, ataupun tempat lain sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Pembeli baru akan melakukan pembayaran setelah barang sudah diterima.

Nah, sekarang kamu sudah paham apa arti dari istilah COD dalam transaksi jual beli online ya. Jangan lupa tinggalkan komentarnya, barangkali mau menambahkan atau punya penjelasan lain.

Reply