Apakah Tomat Itu Sayuran Atau Buah?

Kamuiyakamu.com – Apakah tomat itu sayuran atau buah? Bisakah kamu menjawabmua sob?

Nah, dalam artikel ini akan coba kita kupas jawabannya, apakah tomat itu termasuk buah, sayuran atau bahkan termasuk ke dalam kelompok keduanya?

Dalam kehidupan sehari-hari tomat seringkali dimanfaatkan untuk berbagai keperluan misalnya sebagai bahan minuman jus, sambal, makanan penutup, dsb.

Dan beberapa orang menyebutnya sebagai buah tomat karena memiliki biji dan rasanya manis, sedangkan sebagian yang lain menyebutnya sayur karena biasanya dipakai untuk bahan memasak masakan yang asin seperti misalnya krengsengan daging, sup tomat bola daging, ayam kecap dsb.

Tentu saja kita tak bisa langsung membenarkan atau menyalahkan salah satu pendapat tersebut. Tapi harus ditilik dulu dari berbagai sudut.

Baca juga : Resep Cara Membuat Krengsengan Daging Sapi Yang Empuk

apakah tomat itu sayur atau buah

Nah, sekarang kita coba melihat ‘status’ tomat dari sudut pandang botani dan kuliner.

1. tomat dari sudut pandang botani

Jika dipandang dari sudut botani atau ilmu tumbuhan, maka tomat termasuk buah.

Buah adalah bagian tanaman yang tumbuh dari bunga. Bagian ini juga mengandung biji.

Sementara itu, bagian lain dari tanaman seperti batang (misal seledri), daun (misal selada), akar (misal wortel), dan bunga (misal brokoli) tergolong sayuran.

Jadi, mentimun, kacang hijau, labu, buncis-buncisan, polong-polongan, jagung, dan cabai-cabaian juga termasuk ke dalam golongan buah loh. Meskipun, pada kenyataannya jika sedang berbelanja ke pasar, mungkin kamu akan menjumpai bahwa mereka akan dikumpulkan bersama dengan sayur-sayuran.

2. tomat dari sudut pandang kuliner

Jika ditinjau dari sudut pandang kuliner, maka tomat ini termasuk sayuran.

Kenapa kok dimasukkan ke dalam jenis sayuran? Karena dalam bidang kuliner, sayuran biasanya disajikan dalam hidangan gurih, sementara buah diolah menjadi dessert, camilan, atau minuman. Selain itu Sayuran terasa kurang manis atau lebih gurih dibanding buah yang manis atau asam.

Dari penjelasan di atas, kita tak hanya mengetahui apa sebenarnya ‘status’ tomat, akan tetapi juga bisa menemukan fakta yang lain. Yaitu, ternyata tomat tidaklah sendirian, yang sebenarnya secara botani termasuk buah akan tetapi dalam bidang kuliner dianggap sayuran.

Uniknya, malah ada yang sebenarnya termasuk sayuran jika dilihat dari sudut pandang botani akan tetapi di bidang kuliner malah dianggap buah. Diantaranya yaitu bengkoang.

Baca juga : Cara Memutihkan Wajah Secara Alami Dan Aman

Tambahan lagi, dalam perkembangannya ternyata sekarang ini buah tomat tak hanya dimanfaatkan di bidang kuliner saja, akan tetapi juga dalam bidang kecantikan. Tomat dipercaya memiliki manfaat yang bagus buat kulit wajah, yaitu mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Itu karena buah tomat kaya akan kandungan vitamin C.

Kesimpulan : fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, dikenal ada sebutan tomat buah, tomat sayur, serta tomat lalapan. Walaupun faktanya, struktur tomat adalah struktur buah.

Demikian penjelasan singkat yang dapat kami paparkan, sekarang sudah jelas banget khan apakah tomat itu sebenarnya buah atau sayuran?

Baca juga : Heboh, Pedagang Sayur Ini Jualan Pakai Motor Sport

One response to “Apakah Tomat Itu Sayuran Atau Buah?”

  1. Vecky RL says:

    Terima kasih penjelasannya yang terpilah hingga detail, sekaligus penyegaran wawasan terkait pengelompokan sumber tanaman : Batang, daun, akar, bunga dan Buah. Sukses Selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *