Apa Itu Paypal Dan Bagaimana Cara Membuat Akun Paypal?

Kamuiyakamu.com – Apa itu Paypal dan bagaimana cara membuat akun Paypal?

Pertanyaan semacam itu biasanya akan menghinggapi pikiran seseorang yang baru pertama kali mendengarnya dan merasa penasaran.Menurut Wikipedia, Paypal Inc. adalah adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos.

PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa paypal adalah cara yang sederhana dan lebih aman untuk melakukan pembayaran.

Di jaman sekarang ini orang bisa melakukan transaksi antar kota, propinsi bahkan negara melalui sistem online. Untuk sistem pembayarannya bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya transfer ke rekening bank, kartu kredit, dsb.

Dan Paypal adalah juga salah satu sistem pembayaran yang banyak dipergunakan di masa sekarang ini. Dengan menggunakan Paypal, kita bisa melakukan pembayaran atas belanja online yang kita lakukan dengan mudah dan cepat meski itu lintas negara sekalipun, misalnya ketika belanja online di Ebay.

Dengan membuat akun Paypal, ibaratnya kita memiliki rekening virtual. Kita bisa menyimpan, mengirim dan menerima uang via akun Paypal kita meski tanpa memegang buku tabungan berbentuk fisik.

Ilustrasi akun Paypal (bagian yang diblok merah disensor dengan tujuan menjaga privasi pemilik akun)

Apa bedanya akun Paypal dengan rekening bank lokal?

Salah satu perbedaannya adalah rekening bank lokal biasanya dipergunakan untuk transaksi di dalam satu negara sedangkan akun Paypal bisa kita pergunakan untuk transaksi antar negara.

Ilustrasi akun Paypal (bagian yang diblok merah disensor dengan tujuan menjaga privasi pemilik akun)

Ilustrasi akun Paypal (bagian yang diblok merah disensor dengan tujuan menjaga privasi pemilik akun)

Bagaimana cara kerjanya Paypal untuk pembayaran belanja online?

Pertama kali kita mendaftar akun Paypal kemudian mengisinya dengan saldo berupa mata uang dollar. Nah, saldo dalam akun paypal tersebut nantinya bisa dipergunakan untuk mengirimkan dana ke akun Paypal pihak penjual barang/jasa.

Bagaimana cara mengisi saldo Paypal?

Cara mengisi saldo Paypal bisa dengan berbagai macam metode, misalnya menggunakan kartu kredit, atau transfer dari US bank.

Kita tidak bisa menambah saldo Paypal dari bank lokal Indonesia, akan tetapi harus melalui rekening bank di United States.

Apakah saldo yang ada dalam akun Paypal bisa ditransfer ke bank lokal Indonesia?

Saldo yang ada di akun Paypal bisa kok ditarik ke rekening bank lokal. Dan dana tersebut akan sampai ke rekening kamu dalam waktu 2-4 hari.

Untuk penarikan sejumlah Rp 1.500.000 atau lebih tidak dikenakan biaya. Sedangkan untuk penarikan sejumlah Rp 1.499.999 atau di bawahnya dikenakan biaya sebesar Rp 16.000.

Apa saja keuntungan membuka akun Paypal?

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika kamu mendaftar Paypal, diantaranya sebagai berikut :
1. Untuk pendaftaran akun baru tidak dikenakan biaya
2. Mengamankan transaksi kartu kredit di internet
Dengan menghubungkan kartu kredit kamu ke Paypal, maka kamu bisa belanja online dengan lebih aman karena tidak perlu membagi informasi kartu kredit ke semua penjual. Dengan demikian dapat mengurangi resiko penyalahgunaan kartu kredit oleh pihak yang tidak dikehendaki.
3. Pengiriman dana ke akun Paypal penjual bisa cepat sampai bahkan dalam hitungan detik
4. Transaksi jadi Aman dan nyaman
5. Bisa tarik tunai dana yang ada dalam Paypal ke rekening bank lokal Indonesia kapan saja
6. Paypal menerima semua kartu kredit utama dunia, yaitu Visa, MasterCard, Discover dan American Express
7. Jaringan PayPal yang luas
8. dll

Bagaimana cara membuat atau mendaftar akun Paypal?

Nanti akan ada artikelnya tersendiri.

Demikian penjelasan singkat yang dapat kami berikan mengenai apa itu pengertian Paypal, semoga bisa dipahami dengan jelas. Kalau ada pertanyaan seputar Paypal yang masih belum jelas silahkan tinggalkan komentar, nanti akan kami balas.

2 Comments

  1. Vecky 18 October 2015
  2. didi 18 September 2015

Add Comment