Khasiat Atau Manfaat Teh Hijau Bagi Tubuh

Kamuiyakamu.com – Manfaat teh hijau baik bagi kecantikan ataupun kesehatan sudah lama dipercayai oleh banyak orang.

Di internet, banyak beredar informasi seputar manfaat teh hijau bagi tubuh. Yah, memang banyak penelitian yang mengungkap bahwa teh hijau memang bagus dikonsumsi. Tapi, ada juga penelitian yang mengungkap dampak negatif apabila minum teh hijau secara berlebihan.

Dr Zuo Feng Zhang, peneliti epidemiologi kanker dari University of California Los Angeles dan University of Maryland Medical Center mengatakan, rutin konsumsi dua hingga tiga cangkir teh hijau setiap hari dapat memberikan manfaat kesehatan yang sudah terbukti.

Akan tetapi, jika dikonsumsi lebih dari 10 cangkir perharinya, maka bisa memicu timbulnya sejumlah penyakit dan manfaat yang didapatkan tidak akan sebanding dengan risiko yang ditimbulkan.

Nah, sudah tahu belum manfaat teh hijau yang selama ini dipercayai? Berikut ini beberapa diantaranya :
manfaat teh hijau

  1. Antioksidan
  2. Teh hijau mengandung komponen seperti polisakarida, flavonoid, Vitamin B,C dan E serta komponen katekin. Nah, flavonoid ini mampu bertindak sebagai antioksidan yang mampu yang berfungsi menetralisir radikal bebas yang pada akhirnya akan meminimalkan efek kerusakan pada sel dan jaringan tubuh. Flavonoid ini akan membantu mengurangi risiko terhadap sejumlah penyakit termasuk kanker, diabetes, penyakit jantung, dll. Tak hanya itu, flavonoid juga dikenal memiliki efek anti-inflamasi, anti-virus, dan juga sifat anti-alergi.

  3. Membantu menurunkan berat badan
  4. Pada suatu penelitian oleh ilmuwan Anglia Ruskin University Inggris, diketahui bahwa dengan meminum 6-7 cangkir teh hijau perharinya akan mampu membantu menurunkan berat badan apabila disertai dengan olahraga. “Pada dasarnya penelitian kami menunjukkan bahwa penggunaan ekstrak teh hijau berpotensi membantu orang menurunkan berat badan, jika dikombinasikan dengan olahraga. Tapi kami menyadari sekarang diperlukan penelitian dalam skala lebih besar,” tutur Dr Justin Roberts, seperti dilansir dari Cambridge News (06/02/2015).

  5. Bagus buat otak
  6. Sebuah studi di China mengungkap bahwa teh hijau tak hanya bagus buat jantung, tapi juga buat otak. “Kami menduga senyawa kimia yang bernama EGCG (Epigallocatechin gallate) itu dapat meningkatkan fungsi kognitif dengan cara mempengaruhi pertambahan sel saraf otak atau neurogenesis di hippocampus, bagian otak yang bertugas memproses informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang,” ungkap ketua tim peneliti Profesor Yun Bai dari Third Military Medical University, Chongqing, China seperti dilansir dari dailymail, Senin (10/9/2012).

  7. Bikin awet muda
  8. Karena kaya akan kandungan antioksidan, tentu saja manfaat lain dari teh hijau adalah membuat wanita yang rajin mengonsumsinya tidak terlihat cepat tua. Karena, antioksidan ini sering disebut sebagai obat awet muda dan dapat mencegah penuaan dini. Tentu saja proses penuaan pada manusia adalah hal yang alami, namun penuaan bisa terjadi lebih cepat diakibatkan oleh radikal bebas. Nah, di sinilah peran antioksidan sebagai penangkal radikal bebas.

    Pada dasarnya, radikal bebas ini berguna bagi tubuh untuk menangkal bakteri yang masuk. Namun, akan berakibat buruk apabila jumlahnya berlebihan. Karena radikal bebas akan mencari sel yang sehat dan mengikatnya. Setelah itu, secara perlahan akan merusak sel-sel tubuh.

  9. Epigallocatechin-3-gallate (EGCG), suatu senyawa yang ditemukan dalam teh hijau adalah antioksidan yang 10 kali lebih kuat dari antioksidan vitamin C dan 100 kali lebih kuat dari vitamin E.
  10. Berdasarkan beberapa penelitian, diketahui komsumsi teh hijau dapat membantu mencegah serta memiliki potensi melawan beberapa jenis kanker.

Nah, itulah beberapa khasiat atau manfaat teh hijau bagi kesehatan ataupun kecantikan. Mungkin saja teh hijau masih menyimpan manfaat yang lainnya. Setelah tahu fakta tersebut, sudahkah kamu mengonsumsi teh hijau?

One Response - Add Comment

Reply