Apakah Fungsi Dan Manfaat Vitamin D Bagi Tubuh?

Kamuiyakamu.com – Kamu pasti sering mendengar tentang vitamin D dan manfaatnya bagi tubuh.

Vitamin D sering dikaitkan dengan kalsium, yang mana kedua nutrisi ini diketahui memiliki fungsi penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Selain itu, masih ada beberapa fungsi dan manfaat vitamin D yang lainnya. Dan itu akan kita bahas dalam artikel berikut ini.

Vitamin D dikenal juga dengan sebutan Kalsiferol. Dan merupakan satu-satunya jenis vitamin yang diproduksi di dalam tubuh. Yaitu dengan memaparkan kulit ke sinar matahari.

Waktu yang diketahui efektif untuk bisa mendapatkan vitamin D dengan cara ini adalah antara pukul 11 pagi sampai 3 sore selama 10-15 menit. Apakah kamu sudah pernah mencobanya?

Meskipun mudah didapatkan, akan tetapi fungsi dan manfaat vitamin D bagi tubuh amatlah banyak dan penting, berikut ini adalah beberapa diantaranya :

  • meningkatkan absorpsi kalsium dari saluran cerna dan juga membantu mengontrol penyimpanan kalsium di tulang
  • memperkuat sistem kekebalan dan mencegah berbagai jenis kanker
  • menurunkan risiko untuk mengembangkan penyakit jantung
  • membantu mengurangi kemungkinan terkena flu
  • mengurangi risiko multiple sclerosis
  • tubuh bisa mengalami berbagai gangguan penyakit apabila kekurangan vitamin D, antara lain osteoporosis, osteopenia, diabetes, hipertensi, berbagai penyakit jantung, dll

Meskipun vitamin D memiliki fungsi yang penting bagi tubuh, akan tetapi perlu untuk diketahui bahwa baik kelebihan ataupun kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan berbagai masalah.

Kekurangan atau difisiensi vitamin D dapat menyebabkan rakhitis, sistem kekebalan tubuh yang lemah, meningkatkan risiko kanker, pertumbuhan rambut yang buruk, dan osteomalacia.

manfaat vitamin d

Gambar ilustrasi vitamin D, apa sih fungsi dan manfaat vitamin D bagi tubuh manusia.

Namun apabila kelebihan dapat menyebabkan tubuh untuk menyerap terlalu banyak kalsium, yang menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung dan batu ginjal.

Kebutuhan harian (daily value) vitamin D untuk usia 9 tahun hingga dewasa usia 70 tahun menurut data yang dirilis Institute of Medicine pada 2010 adalah 600 IU perhari dengan ambang batas toleransi hingga 4000 IU perhari.

Disclaimer: Informasi dan fakta di atas hanyalah berbagi informasi umum saja dan tidak seharusnya diinterpretasikan sebagai pedoman perawatan kesehatan. Silahkan berbicara dengan spesialis yang berkualifikasi di bidangnya untuk informasi lebih jauh tentang Vitamin D.

Reply