Hunian Jadi Lebih Cantik dan Sejuk Dengan Dinding Roster (Screen Wall)

Kamuiyakamu.com – Memiliki hunian yang nyaman dan sejuk tentu merupakan impian banyak orang. Setiap mau mendirikan bangunan tentunya kita sudah memperhitungkan banyak hal.

Termasuk bagaimana cara mendesain bangunan kita agar bisa memenuhi fungsinya sebagai tempat tinggal dengan sempurna sekaligus tak melupakan sisi keindahannya.

Untuk menciptakan hunian yang nyaman dan sejuk, salah satu caranya dengan memasang roster pada bagian di atas pintu atau jendela.

Dengan demikian aliran udara dari luar akan bisa masuk ke dalam ruangan melalui celah-celah roster.

Jika anda sering menemui rumah yang dipasang roster di bagian atas pintu/jendela dengan fungsi sebagai ventilasi udara. Ternyata, roster juga banyak difungsikan pada dinding. Misalnya, sebagai dinding penyekat ruangan.

Dinding roster atau kalau di luar negeri banyak dikenal sebagai Screen Wall ini sebenarnya sudah sejak dulu banyak diaplikasikan. Meskipun fungsinya sebagai penyejuk ruangan sebenarnya sudah bisa digantikan dengan lebih baik oleh penyejuk ruangan buatan (AC). Namun, tetap saja masih banyak diaplikasikan hingga sekarang terutama untuk tujuan estetika.

Material yang digunakan untuk Screen Wall umumnya menggunakan beton ringan atau GRC. Akan tetapi banyak juga yang menggunakan material tanah liat, kayu, baja, atau bahkan mungkin batu alam yang dipahat.

Bagaimanapun, dinding roster tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri kalau dibanding dinding polos.

Diantara kelebihan kalau menggunakan dinding roster adalah bisa menambah nilai estetika dan fungsional. Dengan dinding roster, rumah akan memiliki dinding yang sekaligus berfungsi sebagai ventilasi udara.

Baca juga : Fungsi Ventilasi Udara Itu Untuk Apa Saja?

Selain itu, desain roster yang cantik akan meningkatkan nilai keindahan bangunan sehingga terlihat lebih ciamik. Sedangkan untuk kekurangan dinding dari roster dibanding dinding polos ini cuma terkait masalah privasi saja.

Kelebihan lainnya dari dinding roster ini mungkin adalah bisa diaplikasikan di berbagai jenis bangunan mulai dari perkantoran, rumah ibadah, hingga bangunan residensial.

Namun, perlu diperhatikan pula bahwa roster yang dipasang di bagian dinding luar mungkin saja bisa membawa debu dari luar yang terbawa oleh angin.

Jadi, disarankan sebaiknya berkonsultasi dulu kepada ahli yang berpengalaman di bidangnya untuk memilih desain bangunan yang sesuai dengan kondisi lingkungan rumah tinggal anda.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *