GRC (Glassfibre Reinforced Cement)

Apa itu GRC (Glassfibre Reinforced Cement)? Berdasarkan informasi yang saya baca dari salah satu website grcartikon.com bahwa GRC (Glassfibre Reinforced Cement) adalah suatu material bangunan yang berbahan utama semen dan dicampur dengan serat fiberglass.

Atau dapat juga diartikan bahwa GRC ini adalah produk precast beton yang merupakan hasil dari percampuran antara semen, agregrat dan diperkuat dengan serat fiberglass serta bahan tambahan penguat lainnya.

Dewasa ini GRC mulai banyak digunakan di proyek-proyek bangunan, dan GRc ini memang sudah diakui oleh banyak konsultan ataupun kontraktor bahwa memiliki banyak keunggulan kalau dibandingkan dengan produk precast beton (baca : https://id.wikipedia.org/wiki/Beton) yang lainnya.

Beberapa keunggulan dari GRC antara lain memiliki bobot lebih ringan dibanding beton pracetak, serta tahan di segala cuaca baik itu di musim panas, penghujan ataupun salju. Selain itu GRC juga dikenal memiliki ketahanan dari korosi, api, pengikisan, serangga serta perubahan suhu.

Keunggulan lainnya dari GRC ini yaitu bisa dicetak ke hampir semua bentuk dan struktur.

Selain itu, GRC juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti misalnya cladding GRC, krawangan GRC, dinding dan jendela GRC, atap GRC, jembatan dan terowongan, drainase air, dan sebagainya.

Contohnya saja penerapan plafon GRC, jelas memiliki keunggulan tersendiri kalau dibandingkan plafon dengan bahan yang lainnya. Misalnya saja plafon GRC ini memiliki sifat yang keras, kuat dan tidak akan mudah untuk mengalami bocor saat tertimpa air hujan. Tak hanya itu saja, karena plafon GRC juga tidak akn mudah ternoda sehingga bisa menekan biaya perawatan menjadi lebih minimal.

Itulah sekelumit kisah yang ingin saya ceritakan mengenai GRC (Glassfibre Reinforced Cement). Dan saya sendiri sangat ingin belajar lebih jauh mengenai GRC ini namun sayangnya sampai saat ini masih belum ada waktu untuk memenuhinya karena terbentur karena aktifitas pekerjaan saya yang padat. Semoga anda bisa belajar dan lebih paham mengenai istilah GRC atau dikenal pula dengan GRFC ini.

Baca juga :

  • Hunian Jadi Lebih Cantik dan Sejuk Dengan Dinding Roster (Screen Wall)
  • Wanita Ini Tinggalkan Karirnya di New York Demi Bangun Rumah Bambu di Bali