Fungsi Ventilasi Udara Itu Untuk Apa Saja?

fungsi ventilasi udara

Kamuiyakamu.com – Kali ini kita membahas topik fungsi ventilasi udara. Tapi sebelum membahas lebih jauh apa saja fungsi atau manfaatnya, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu ventilasi udara?

Ventilasi adalah pergerakan udara masuk ke dan keluar dari ruang tertutup. Dalam setiap rumah yang dihuni makhluk hidup pasti akan dapat dijumpai adanya ventilasi udara, yaitu suatu bagian dari rumah yang memiliki fungsi sebagai saluran udara biar udara bisa mengalir dengan baik dari dan ke luar rumah. Dengan demikian maka udara yang berada di dalam rumah akan selalu tergantikan dengan udara yang lebih segar dari luar bangunan rumah.

Fungsi ventilasi udara diantaranya sebagai berikut :

1. Untuk menjaga agar aliran udara di dalam rumah tetap segar.

Itu karena jika dalam suatu bangunan sangat minim adanya ventilasi maka aliran udara dari dan ke luar rumah menjadi tidak lancar sehingga terjadi peningkatan kadar CO2 (karbondioksida) di dalam rumah dan kadar oksigen (O2) menurun. Sedangkan karbondioksida yang merupakan hasil respirasi/pernapasan ini apabila dalam konsentrasi tinggi bisa berbahaya bagi hewan dan manusia. Seseorang yang menghirup terlalu banyak CO2 akan kesulitan bernapas, hingga menyebabkan tak sadarkan diri.

2. Untuk menjaga agar rumah selalu tetap di dalam kelembaban yang optimum

Kurangnya lubang ventilasi di dalam suatu bangunan akan menyebabkan kelembaban di dalam ruangan meningkat karena terjadinya proses penguapan cairan dari kulit dan penyerapan. Sehingga dengan adanya lubang ventilasi udara yang memadai akan memberikan manfaat di sisi pencahayaan apabila penempatannya tepat. Dengan adanya vahaya dari luar ruangan yang masuk ke dalam rumah melalui lubang ventilasi udara maka akan mengurangi kelembaban dalam suatu ruangan.

3. Untuk membebaskan udara ruangan dari bakteri-bakteri patogen yang bisa menyebabkan penyakit

Kurangnya lubang ventilasi udara di dalam rumah akan menyebabkan kelembaban udara dalam ruangan meningkat, sedangkan kondisi ruangan yang lembab akan memudahkan tumbuhnya jamur dan bakteri patogen yang bisa mempengaruhi kualitas kesehatan penghuni rumah.

Yah, itulah beberapa fungsi dan manfaat ventilasi udara, yang mungkin saja bagi sebagian orang dianggap kurang penting. Padahal sebenarnya amat bermanfaat buat menjaga kualitas kesehatan seisi penghuni rumah.

Baca juga :

Hunian Jadi Lebih Cantik dan Sejuk Dengan Dinding Roster (Screen Wall)

Add Comment