Tips Unik Mengurangi Kebiasaan ‘Gila’ Belanja Biar Hemat

Kamuiyakamu.com – Tips unik mengurangi kebiasaan gila belanja biar hemat sepertinya akan menjadi topik yang bisa menarik perhatian para ladies.

Bagaimanapun, bagi kamu yang super tajir dan gak masalah keluar duit berapapun buat belanja, mungkin tips ini bisa dilewati aja ya. 😀

Oke, seperti yang kita ketahui, bahwa belanja bisa menjadi suatu aktifitas yang menyenangkan bagi para ladies. Terlebih jika yang dibeli adalah barang-barang kesukaan atau untuk menambah koleksi.

Tapi, jika sampai berlebihan tentu itu akan menjadi hal yang tidak sehat bagi keuangan, bukan begitu?

Memang sih, berdasarkan suatu penelitian di University of Michigan mengungkapkan sebuah fakta unik bahwa berbelanja ternyata bisa menjadi terapi untuk menghilangkan stress. Dan itu akan bisa membuat pelakunya lebih bahagia.

Peneliti mengungkap bahwa membeli barang baru bisa memberikan perasaan yang baik karena mereka merasa menguasai keadaan dan lingkungan mereka. Dan tak hanya itu saja, karena menurut hasil penelitian, menunjukkan bahwa dengan membeli sesuatu akan lebih efektif membuat orang berbahagia hingga 40 kali lipat dibandingkan hanya dengan melihat-lihat.

Meskipun demikian, tetap saja belanja harus dilakukan dengan perhitungan, jangan sampai uang yang sedianya dipakai untuk keperluan yang lebih penting tiba-tiba saja habis dipakai belanja barang yang sebenarnya tidak terlalu urgent.

tips unik mengurangi kebiasaan gila belanja

Nah, berikut ini ada beberapa tips unik bagaimana cara mengurangi kebiasaan ‘gila’ belanja :

1. Sisihkan anggaran belanja untuk “investasi”

Alih-alih menghabiskan anggaran belanja untuk membeli baju atau sepatu baru, sebaiknya sisihkan sebagian untuk berinvestasi, atau membeli barang yang bisa menghasilkan keuntungan di kemudian hari.

2. Menjual kembali barang yang tak terpakai

Di lemari atau di gudang mungkin saja ada barang yang telanjur kebeli tapi tak pernah dipakai, dan lagi kondisinya masih bagus. Kenapa tidak dijual kembali saja, ke teman atau bahkan mungkin via online?

Nah, hasil penjualannya khan bisa dibelikan barang lain yang masih baru. Dengan demikian akan lebih menghemat uang belanja bulanan kamu.

3. Menyumbangkan barang yang tak terpakai

Mungkin benar, dengan belanja barang yang baru akan bisa meningkatkan mood dan membuat perasaan lebih bahagia.

Akan tetapi, jika kebahagiaan adalah yang kamu cari, kenapa tak mencoba cara alternatif.

Misalnya saja, menyumbangkan barang-barang yang sudah tak terpakai atau tidak disukai, namun kondisinya masih bagus.

Kalau dengan berbagi dan memberikan manfaat buat orang lain juga bisa membuat kita merasa bahagia, kenapa tidak?

4. Memodifikasi barang lama menjadi ‘baru’

Nah, ide unik lainnya untuk mengurangi kebiasaan ‘gila’ belanja misalnya dengan melakukan modifikasi atau mengubah barang lama yang tak terpakai menjadi ‘barang baru’.

Sebagai contoh, jika kamu merasa bosan dengan salah satu baju koleksimu. Bisa saja dimodif dengan menambahkan renda atau modifikasi yang lainnya sehingga nampak baru dan lebih nyaman untuk dipakai.

5. Barter dengan teman/saudara

Nah, tak kalah uniknya, bisa saja kamu melakukan barter barang lama yang kondisinya masih bagus.

Misalnya, ada salah satu baju yang jarang dipakai karena bosan. Cobalah cari teman yang memakai baju seukuran denganmu dan coba tanyakan apakah tertarik untuk barter koleksi baju?

Demikianlah beberapa tips unik yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk mengurangi kebiasaan “gila” belanja biar bisa lebih menghemat.

Atau barangkali kamu ingin menambahkan tips yang lainnya? Jangan sungkan ya ladies, karena semakin banyak ide bukankah makin bagus? Lihat juga tips belanja lainnya di belanjafashion.xyz ya buat menambah referensi.

Mari berbagi tips unik yang kita miliki biar memberikan manfaat buat orang lain. Berbagi itu indah.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *