Wanita Ini Tinggalkan Karirnya di New York Demi Bangun Rumah Bambu di Bali

Kamuiyakamu.com – Jika banyak orang di jaman sekarang sangat terobsesi dengan kariernya, karena memang karier yang bagus adalah salah satu kunci bagi mereka menuju masa depan yang lebih baik.

Tidak begitu halnya dengan wanita bernama Elora Hardy. Elora lebih memilih meninggalkan karir suksesnya di bidang fashion di New York hanya demi menunaikan apa yang menjadi mimpinya.

Yaitu membangun sebuah rumah yang seluruhnya berbahan dari bambu. Butuh waktu 5 tahun bagi wanita cantik tersebut untuk merancang rumah bambunya yang berlokasi di Bali, Indonesia yang memang selama ini adalah tempat tinggal keluarganya.

Elora Hardy bersama timnya menggunakan konstruksi bambu dengan keyakinan kalau bambu adalah salah satu sumber daya yang kurang dimanfaatkan meskipun mudah didapatkan dan diperbarui.

Ide Elora membangun rumah yang seluruhnya berbahan bambu terinspirasi oleh ayahnya yang bernama John Hardy.

Sebelumnya, ayahnya pernah membangun sebuah green School di Bali yang juga keseluruhannya memakai bahan bambu.

John tidak pernah berhenti untuk mengajak orang yang dikenalnya untuk mulai memanfaatkan bambu.
rumah bambu bali indonesia

“Ia memilih bambu untuk semua bangunan di kampus karena melihat bambu sebagai sumber daya yang menjanjikan di masa depan,” ujar Elora.

“Bambu adalah bahan yang tidak akan habis,” kata Elora dalam presentasinya di TED. “Saat aku pertama melihat konstruksinya (Greeen School) sekitar enam tahun lalu, aku berpikir bahwa itu sempurna. Kenapa ini tidak dibuat lebih awal, dan apa yang bisa kita lakukan dengannya (bambu) setelah ini?”

rumah bambu indah di bali

Perlu diketahui bahwa bambu memiliki kekuatan tekanan sebaik beton, rasio kekuatan dan berat seperti baja dan satu lagi, bambu adalah salah satu tanaman yang paling cepat berkembang di dunia.

Salah satu kelemahan menggunakan bahan bambu adalah kerusakan yang disebabkan oleh serangga dan juga kelembaban. Akan tetapi, meski demikian struktur bambu dapat bertahan seumur hidup apabila dirawat dengan baik.

Ide Elora untuk mengakali kelemahan rumah dari bahan bambu adalah dengan memanfaatkan boron untuk melapisi bambu sehingga membuatnya tak bisa dimakan oleh serangga.

Add Comment