Ular Terpanjang Di Dunia Yang Hidup Saat Ini

Kamuiyakamu.com – Ular terpanjang di dunia yang akan kita bicarakan kali ini adalah ular yang berada di penangkaran.

Menurut catatan Guinness World Records, ular terpanjang di dunia yang hidup dalam penangkaran adalah ular yang bernama Medusa. Meskipun mungkin di alam liar bisa saja suatu saat nanti bisa muncul ular yang bahkan lebih panjang, itu bisa saja terjadi.

Panjang ular ini mencapai 7,67 meter dan beratnya mencapai lebih dari 150 kg. Medusa dimiliki oleh Full Moon Productions di Kansas city, Missouri, USA.

Dibutuhkan setidaknya 15 orang dewasa untuk memegang ular ini. Ya, seperti yang dapat dilihat pada gambar, saking panjangnya Medusa sampai dibutuhkan banyak orang untuk mengangkatnya.

ular terpanjang di dunia

Ular terpanjang ini biasanya dikasih menu makanan berupa kombinasi kelinci, babi, dan rusa disajikan tiap dua mingguan. Bahkan, dia bisa melahap seekor rusa berukuran 18 kg dalam sekalipun.

Medusa merupakan jenis reticulated python atau kalau di Indonesia dikenal dengan sebutan Sanca kembang yang umumnya bisa mencapai panjang 3-6 meter saat dewasa. Namun, sungguh luar biasa Medusa bisa tumbuh hingga lebih dari 7 meter.

Reticulated pythons atau sanca kembang habitat utamanya adalah di Asia Tenggra yaitu Indonesia dan filipina. Mereka dikenal sebagai perenang yang baik.

Pada tahun 1912, di Sulawesi, Indonesia diketemukan ular sanca kembang terpanjang yang ukurannya mencapai 10 meter.

Mungkin di alam liar masih ada ular sanca kembang lainnya yang lebih panjang dari Medusa saat ini. Semoga saja suatu hari akan diketemukan ular sanca kembang terpanjang dari Indonesia dan berhasil mencatatkan namanya di Guinness World Records sebagai ular terpanjang di dunia.

Add Comment