Ular Terbesar Di Dunia Yang Pernah Hidup Di Bumi

Kamuiyakamu.com – Hai sob, kamu tahu gak ular terbesar di dunia yang pernah ditemukan? Ular apakah itu dan berapa ukurannya?

Banyak orang mengira bahwa ular paling besar di dunia yang diketahui pernah hidup di bumi adalah anaconda. Padahal itu tidak benar!

Karena faktanya, diketahui bahwa ular yang dinamakan “Titanoboa cerrejonensis” adalah ular purba terbesar yang pernah diketemukan fosilnya. Titanoboa cerrejonensis artinya, “ular boa yang sangat kuat dari Cerrejon.” Cerrejon sendiri adalah nama daerah tempat fosil ular purba tersebut ditemukan. Ular purba berukuran raksasa tersebut, kini keberadaannya sudah punah.

Hingga saat ini Titanoboa masih dikenal sebagai ular terbesar yang pernah ditemukan fosilnya. Hidup di hutan hujan sekitar 60 juta tahun yang lalu. Ilmuwan memperkirakan panjangnya mencapai 12.8 m (42 ft) dan bobot tubuhnya sekitar 1.135 kg (sumber:wikipedia). Sebuah sumber yang lain menyebut panjangnya bisa mencapai 15 meter.

Titanoboa yang diketahui sebagai ular prasejarah terbesar yang pernah hidup di bumi, merupakan predator terbesar di daratan setelah dinosaurus mengalami kepunahan.

“Titanoboa adalah predator terbesar di darat setelah kepunahan dinasaurus selama 10 juta tahun. Ini mungkin predator utama di bumi setelah kepunahan dinosaurus,” kata Jonathan Blonch, ahli paleontologi dan kurator Museum Sejarah Alam di Florida, Amerika Serikat.

“Ia membentang panjang melebihi bus kota dan beratnya lebih dari sebuah mobil. Ular terbesar di dunia yang pernah ada dan diketahui,” lanjut Jonathan Blonch.

Pada 2012 lalu pernah dibuat replika ular titanoboa dengan ukuran 48 kaki dan 1.135 kg yang dipamerkan dalam Grand Central Terminal di New York City. Yang mana tujuan mempertontonkan replika ular raksasa tersebut adalah promosi untuk sebuah TV Show di the Smithsonian Channel. Berikut adalah penampakan replika ular terbesar tersebut :

gambar ular terbesar di dunia

Wah, gak terbayangkan ya jika di masa modern ini ular paling besar di dunia titanoboa masih hidup, soalnya berdasarkan sebuah sumber menyebut bahwa ini adalah tipe predator yang cara berburunya lebih seperti buaya dengan cara berbaring dan merayap di dalam air atau darat lalu menyambar mangsanya dengan cepat. Dan mangsanya bukan hanya hewan berkulit lunak akan tetapi juga binatang berkulit keras seperti buaya dan kura-kura raksasa.

8 Comments - Add Comment

Reply