Penampakan Bola Api Besar Bercahaya Terang di Langit Bangkok

Kamuiyakamu.com – Sebuah pemandangan unik muncul di langit bangkok pada pagi hari, yaitu penampakan bola api besar bercahaya yang diduga adalah sebuah meteor.

Pemandangan tersebut nampak di Bangkok, Thailand pagi ini (7/9/2015) pada pukul 8:45 pagi waktu setempat. terekam oleh beberapa kamera dasbor pada mobil.

Dari video yang diunggah ke Youtube, dapat kita lihat bahwa objek misterius yang diduga meteor tersebut nampak sangat cerah seperti terbakar di bagian atas atmosfer.

Beberapa laporan menunjukkan bahwa penampakan objek tersebut diikuti oleh suara ledakan menggelegar, yang sepertinya diakibatkan oleh kecepatannya yang luar biasa.

Sampai berita ini diliput, seperti dilansir dari iflscience, tak ada bukti bahwa objek tersebut menubruk bumi, yang berarti bahwa untuk saat ini objek tersebut digolongkan sebuah meteor dan bukan sebuah meteorit.

penampakan meteor di bangkok

Video penampakan objek tersebut dapat disaksikan di Youtube, yang mana sudah dilihat ribuan kali. Seorang komentator, Nuno Marques, bercanda dengan menganggapnya ulah Son Goku. Sementara komentator lainnya, Fagin, menganggapnya sebagai meteorit besar dan berharap tidak ada seorangpun yang terluka.

Sementara itu Bangkok Post mengutip Suparerk Karuehanon, yang merupakan seorang akademisi di the National Astronomical Research Institute of Thailand yang mengatakan bahwa jejak asap tersebut sepertinya adalah suatu peristiwa astronomi dan bukan kecelakaan udara seperti yang dinyatakan oleh beberapa orang.

“orang-orang tidak seharusnya khawatir karena objek tersebut tak lebih besar dari 10 meter dan kebanyakan dari mereka akan seluruhnya terbakar di atmosfer,” kata Karuehanon kepada reporter.

Selanjutnya, presiden Thai Astronomical Society, Prapee Viraporn, mengkonfirmasi bahwa fenomena tersebut adalah sebuah ledakan meteor kecil. Lebih lanjut beliau menyatakan bahwa pristiwa serupa pernah terjadi di Chelyabinsk, Russia, pada 15 Februari 2013.

Saksikan video penampakan bola besar bercahaya sangat terang di langit bangkok berikut ini :

Sekedar untuk pengetahuan, bahwa meteor adalah meteoroid yang tertarik masuk ke dalam atmosfer bumi karena pengaruh gravitasi Bumi, yang mengakibatkan terjadinya gesekan permukaan meteor dengan udara dalam kecepatan tinggi. Akibat adanya gesekan yang cepat tersebut menimbulkan pijaran api dan cahaya yang dari kejauhan kita melihatnya seperti bintang jatuh. Mereka biasanya terbakar habis setelah melewati atmosfer bumi dan tidak menyebabkan bahaya atau kerusakan. Namun, adakalanya sebagian meteoroid bisa sampai jatuh ke permukaan tanah, inilah yang disebut meteorit.

Reply