Manusia Tercepat Di Dunia Dan Beberapa Fakta Mengejutkan Tentangnya

Kamuiyakamu.com – Mungkin kamu pernah bertanya-tanya siapakah sosok manusia tercepat di dunia saat ini?

Artikel berikut ini kamu akan memberikan jawabannya serta dibeberkan pula beberapa fakta mengejutkan tentangnya yang mungkin bisa menjadi pelajaran berharga buat kita semua.

Yaitu mengenai tekadnya yang kuat, tidak mau bermalas-malasan, penuh percaya diri, dan juga tidak mudah terlena dalam zona nyaman.

Menurut para ilmuwan, diketahui bahwa secara biologis, manusia memiliki kemampuan berlari maksimal mencapai 40 mph (sekitar 64 km/jam). Meski dalam kenyataannya, di jaman sekarang ini belum pernah tercatat ada manusia yang dapat berlari secepat itu di trek lari.

Ilmuwan menghitung kecepatan maksimal itu dengan menghitung laju kecepatan otot dalam tubuh yang secara biologis dapat bergerak.

Seperti dilansir Telegraph, Selasa (26/1/2010), Dr Matthew Bundle, ahli biomekanik dari Wyoming University mengatakan kecepatan kontraksi otot memungkinkan kecepatan berlari manusia 35-40 mil per jam atau bahkan bisa lebih cepat lagi. Dalam studinya peneliti menggunakan treadmill berkecepatan tinggi yang mampu merekam kecepatan lebih dari 40 mph, kemudian pengukuran dilakukan pada tiap langkah kaki. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology.

Dr Bundle dan rekannya mengatakan penelitian mereka menunjukkan batas kecepatan lari ditentukan oleh batas-batas serat otot itu sendiri.

Usain Bolt, yang mendapat julukan si manusia tercepat di dunia sekaligus pemegang rekor Olimpiade lari 100 meter selama 9,58 detik (41 langkah) pun hanya bisa mencapai top speed mendekati angka 28 mph (sekitar 44 km/jam) dalam lari 100 meter.

Sebagai perbandingan, singa dapat berlari 50 mph ketika mengejar mangsa dan cheetah dapat menjangkau kecepatan 70 mph.

manusia tercepat di dunia

Photo of Usain Bolt by Erik van Leeuwen [GFDL (http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html) or GFDL (http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html)], via Wikimedia Commons

Fakta-fakta mengejutkan mengenai Usain Bolt, si manusia tercepat di dunia :

1. Chicken McNuggets adalah kunci kesuksesannya pada 2008

Ternyata, ‘resep’ rahasia Usain Bolt dalam memenangi Kejuraan Dunia Atletik di Beijing pada 2008 silam adalah McDonald’s atau lebih spesifiknya Chicken McNuggets. Dalam 10 hari selama di beijing pada 2008 silam, dia memakan sebanyak 1000 nugget, atau rata-rata 100 nugget setiap harinya.

Jumlah sebanyak itu memberikannya sebanyak sekitar 4700 kalori dari Chicken McNuggets seharinya. Tapi itu bukan bertujuan untuk membuatnya makin cepat, melainkan karena orang Jamaika menganggap bahwa Chinese Food itu ‘aneh’.

2. Ternyata selain sebagai Atlet, dia juga adalah seorang pebisnis

Saat sedang tidak sibuk menjadi manusia tercepat di dunia di trek lari, Usain Bolt ternyata tetap menyibukkan dirinya dengan sejumlah kepentingan lainnya. Seperti misalnya berpartner dengan Soul Electronics untuk merilis earphone limited edition, selain itu ia juga memiliki sebuah Clothing line yang dinamakan “the Bolt Collection” dan sebuah restoran yang bernama Tracks And Records di Jamaika.

3. Usain Bolt Memiliki Video Gamenya sendiri

Video Game yang diluncurkan pada 2012 dengan judul Bolt! secara cepat menjadi aplikasi no.1 di Jamaika. game tersebut di kreasikan oleh perusahaan game RockLive yang sekarang dikenal sebagai Shots Mobile. Dalam game tersebut, Bolt tampil sebagai versi animasi dirinya sendirinya.

4. Kriket dan sepak bola adalah cinta pertamanya

Meskipun saat ini Usain Bolt lebih dikenal sebagai manusia tercepat di dunia, akan tetapi ia pada mulanya adalah seorang bowler yang menjanjikan di olahraga kriket dan diperhitungkan oleh rekan senegaranya Chris Gayle.

Tak hanya itu ternyata, dia juga sangat mengidolakan Manchester United (MU) dan bahkan pernah mengatakan ingin bermain untuk Manchester United.

“orang-orang mungkin berpikir bahwa aku sedang bercanda, akan tetapi jika Sir Alex Ferguson memanggilku dan mengatakan ‘mari kita lakukan ini, datang dan dapatkan trial’, maka ini akan menjadi tidak mungkin buatku untuk mengatakan tidak” demikian pengakuan yang pernah diucapkannya seperti dilansir dari Mirror 2012 silam.

“aku tidak akan mengambil tantangan jika aku berpikir tidak cukup bagus. Aku sangat berbakat dan tahu kalau aku dapat membuat sebuah perbedaan”, tambahnya.

5. Usain Bolt adalah impian pemasar/marketer

Dia memiliki kesepakatan endorsement dengan sejumlah perusahaan, diantaranya Gatorade, Hublot, Visa, Nissan Motors dan Puma.

6. Nampaknya tidak ada hal yang dapat membuatnya tersandung

Di Beijing Olympic Games pada 2008 silam, dia tak hanya harus berurusan dengan angin yang tidak menguntungkan akan tetapi juga tali sepatunya yang tidak terikat selama berlari sepanjang 100 meter. Bagaimanapun, hal tersebut tidak membuatnya melambat pada hari itu, justru dia dapat berlari lebih cepat dibandingkan 7 pelari lainnya yang ada di sekitarnya. Bahkan hebatnya, kecepatannya saat itu juga melebihi siapapun dalam sejarah olahraga ketika dia mencatatkan rekor dunia menempuh jarak 100 meter dalam waktu 9.69 detik sekaligus memenangkan medali emas olimpiade.

Sungguh luar biasa sosok Usain Bolt ini yang tak hanya sanggup mencetak rekor dan dijuluki si manusia tercepat di dunia, namun juga memiliki banyak keahlian yang lainnya. Tentu kisahnya akan dapat menginspirasi kita semua agar bisa meraih kesuksesan yang lebih dari yang sudah pernah kita capai sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *