Ikan Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup Saat Ini

Kamuiyakamu.com – Banyak orang bertanya-tanya mengenai sosok ikan terbesar di dunia, tahukah kamu ikan apa itu? Jawabannya yaitu Whale Shark (Hiu Paus) yang memiliki nama binomial Rhincodon typus.

Hiu paus yang merupakan ikan terbesar di lautan bahkan dunia dikenal pula dengan nama Geger Lintang kalau di Indonesia (Bahasa Jawa). Hidupnya mengembara di Samudera tropis dan lautan yang beriklim hangat. Usianya bisa mencapai hingga 70 tahun lebih.

Hiu Paus dengan ukuran terbesar yang dapat diverifikasi panjangnya mencapai 12,65 meter dengan bobot 21,5 ton (sumber : Wikipedia). Itu adalah Hiu Paus yang berhasil ditangkap di Karachi, Pakistan.

Meskipun, ada juga laporan yang masih belum terkonfirmasi mengenai adanya Hiu Paus dengan ukuran yang lebih besar mencapai panjang 18 meter.

Dengan ukurannya yang sebesar itu, bagaimanapun Hiu Paus bukanlah binatang yang terbesar di dunia. Karena masih ada binatang lainnya dengan ukuran lebih besar, diantaranya adalah Paus Biru.

Paus biru merupakan binatang terbesar di dunia saat ini yang termasuk mamalia laut. Seandainya saja Paus Biru termasuk dalam spesies ikan, maka bisa jadi ini adalah ikan terbesar di dunia saat ini.

Namun, faktanya bahwa Paus biru bukanlah ikan melainkan mamalia laut. Kamu tentunya sudah paham mengenai perbedaan ikan dan mamalia?

Klasifikasi ilmiah Hiu Paus :

ikan terbesar di dunia

Foto ikan terbesar di dunia, Hiu Paus.

  • Kingdom: Animalia
  • Phylum: Chordata
  • Class: Chondrichthyes
  • Subclass: Elasmobranchii
  • Order: Orectolobiformes
  • Family: Rhincodontidae
  • Genus: Rhincodon
  • Species: R. typus
  • Nama binomial : Rhincodon typus

Makanan Hiu Paus diantaranya plankton, krill, larva kepiting pantai, makro alga, serta hewan-hewan kecil nektonik seperti cumi-cumi atau vertebrata kecil.

Salah satu fakta unik dari Hiu Paus yang perlu kamu ketahui yaitu bahwa binatang ini meskipun memiliki ukuran besar, akan tetapi diketahui tidak berbahaya bagi manusia. Bahkan binatang ini termasuk jinak, karena seringkali diajak bermain-main oleh para penyelam di laut.

Bagaimanapun, sebagai manusia yang beradab, kita tetap harus punya etika dalam berhubungan dengan binatang ini. Diantaranya, tetap menjaga jarak apabila berenang di dekat Hiu Paus dan tidak pernah menyentuhnya, karena meski jinak ketika didekati, tetap saja status Hiu Paus adalah binatang liar.

Ikan laut terbesar di dunia ini dapat diketemukan di banyak tempat di seluruh dunia. Biasanya di laut yang beriklim tropis dan hangat, baik itu di perairan laut ataupun pesisir. Mereka akan berkumpul di daerah yang kaya akan akan sumber makanan.

Lokasi yang bagus untuk menjumpai Hiu Paus diantaranya Meksiko, Belize, Jepang, Thailand, Malaysia, Filipina, Australia, Kepulauan Galapagos, Honduras, Afrika Selatan, Mozambik, Seychelles, dan India.

Di perairan Indonesia juga dapat diketemukan Hiu Laut meskipun statusnya terancam punah. Itulah makanya di Indonesia, Hiu Laut termasuk satwa yang dilindungi, sesuai dengan KEPMEN KP No. 18 2013 Tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus.