Buaya Terbesar dan Terpanjang Di Dunia Saat Ini

Kamuiyakamu.com – Buaya terbesar di dunia dan juga buaya terpanjang di dunia saat ini, seberapa panjang dan besarkah?

Kalau berdasarkan data yang kami kumpulkan, buaya terbesar yg pernah ditemukan diperkirakan ukurannya mencapai 11,2-12,2 meter dengan berat mencapai 8-10 ton.

Itulah Sarcosuchus Imperator yang hidup sekitar 110 juta tahun yang lalu dan dipercaya sebagai salah satu reptil menyerupai buaya dengan ukuran terbesar yang pernah hidup di bumi.

Dengan kata lain, bisa dikatakan bahwa binatang tersebut merupakan reptil menyerupai buaya terbesar sepanjang sejarah bumi, yang diketahui hingga saat ini.

Nah, jika buaya yang hidup ratusan tahun lalu panjangnya bisa mencapai 12 meter, bagaimana dengan buaya jaman sekarang? Berapakah ukuran buaya terbesar dan juga terpanjang di dunia yang masih hidup sampai saat ini?

Berdasarkan Guinness World Records, buaya bernama Cassius, adalah penyandang gelar buaya terbesar di dunia yang ada di penangkaran untuk saat ini dengan ukurannya yang mencapai 5.48 meter dan berat 998 kg.

Buaya air asin yang bernama Cassius ini ditemukan di Green Island atau 27 km lepas pantai Cairns. Dan diperkirakan memiliki usia lebih dari 100 tahun.

Meskipun Cassius terbilang berukuran besar, sejatinya masih ada buaya lain yang berukuran lebih besar. Salah satunya adalah buaya yang bernama Lolong. Dan bahkan sempat merebut gelar sebagai buaya terbesar di dunia menggeser posisi Cassius.

Ukuran buaya yang ditemukan di Filipina ini sekitar 6,17 meter dan beratnya sekitar 1 ton. Namun, amat disayangkan bahwa pada akhirnya buaya yang masih berusia sekitar 50 tahun ini akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada 10 February 2013 lalu.

Kini, gelar buaya terbesar di dunia yang ada di penangkaran kembali diperoleh Cassius yang hidup di Marineland Melanesia, sebuah taman penangkaran di Green Island, Queensland, Australia.

Buaya terbesar di dunia

Cassius, buaya terbesar di dunia dengan panjang 5,48 meter

buaya lolong

“Lolong crocodile” by MartyWilliams – Own work. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Wikimedia Commons – http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Lolong_crocodile.jpg#mediaviewer/File:Lolong_crocodile.jpg

Selain Lolong dan Cassius sebenarnya masih ada nama lain untuk buaya dengan ukuran besar, misalnya saja buaya Gustave merupakan buaya sungai Nil yang diperkirakan berusia sekitar 60 tahun lebih. Ukurannya, sekitar 6 meter dengan berat sekitar 1 ton.

Bahkan ada yang menafsir panjangnya mencapai 7.5 meter atau lebih. Tetapi, itu masih sebatas perkiraan karena buayanya sendiri masih berada di alam liar dan belum berhasil ditangkap.

Perlu untuk diketahui juga bahwa buaya dengan ukuran 6 meter bukanlah ukuran yang paling besar. Karena menurut suatu penelitian, buaya besar dengan ukuran 6 meter cukuplah lumrah di sejumlah kawasan asia dan Australia.

Guinness Book of World Record mencatat, buaya terbesar berasal dari kawasan timur India dengan panjang 7 meter.

Kesimpulannya, buaya terbesar di dunia yang masih hidup dan ditangkar di penangkaran adalah Cassius. Akan tetapi, di alam liar mungkin saja masih ada buaya dengan ukuran yang lebih besar lagi. 🙂

Add Comment