Binatang Terbesar Di Dunia Saat Ini, Berikut Fakta Uniknya

Kamuiyakamu.com – Tahukah kamu bahwa di masa sekarang masih ada binatang yang bisa disebut terbesar di dunia bahkan melebihi dinosaurus?

Jika di jaman purba dulu diketahui ada banyak binatang darat yang memiliki ukuran amat besar tapi sekarang ini diketahui sudah punah.

Maka, di jaman sekarang ini binatang darat yang memiliki ukuran paling besar salah satunya adalah gajah. Itupun, ukurannya masih kalah besar kalau dibandingkan dengan Dinosaurus terbesar yang diketahui.

Nah, tapi di lautan masih ada binatang yang bisa memiliki ukuran lebih besar dibandingkan DInosaurus terbesar. Binatang ini dijuluki sebagai binatang terbesar di dunia saat ini. Tahukah kamu binatang apa itu? Jawabannya adalah Paus Biru.

Paus biru diketahui sebagai binatang terbesar di dunia saat ini, berdasarkan nationalgeographic.com memiliki ukuran mencapai 30 meter dan massa tubuh sebesar 181 ton.

binatang terbesar di dunia

Ikan paus terbesar di dunia, Paus Biru.

Massa paus biru terbesar yang pernah tercatat adalah 190 ton, sementara gelar paus terpanjang diraih dua paus biru betina berukuran 33.6 meter (110 kaki) dan 33.3 meter (109 kaki)

Sebagai perbandingan, Argentinosaurus yang selama ini diketahui sebagai dinosaurus berukuran terbesar yang pernah diketahui berasal dari masa Mesozoikum, diperkirakan memiliki massa tubuh sebesar 88–110 ton.

Meski sebenarnya ada dinosaurus lain yang mungkin lebih besar dari Argentinosaurus, yaitu Amphicoelias fragillimus yang diperkirakan memiliki panjang 40-60 meter dan massa 122 ton, akan tetapi Amphicoelias fragillimus masih menjadi perdebatan karena sulitnya utk mengidentifikasi dari penemuan fosilnya yg sangat minim.

Meski hidupnya di lautan, Paus biru bukanlah termasuk spesies ikan, tapi digolongkan ke dalam mamalia laut seperti halnya lumba-lumba. Karena itulah, untuk julukan ikan terbesar di dunia masih dipegang oleh ikan Hiu Paus.

Klasifikasi ilmiah Paus Biru :

  • Kerajaan: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Mammalia
  • Ordo: Cetacea
  • Upaordo: Mysticeti
  • Famili: Balaenopteridae
  • Genus: Balaenoptera
  • Spesies: B. musculus

Walaupun memiliki ukuran yang besar, bahkan disebut sebagai binatang terbesar di dunia, akan tetapi Paus biru memiliki makanan utama berupa crustacea kecil yang disebut krill dan juga memakan copepoda dalam jumlah kecil.

Paus biru dewasa dapat memakan krill sebanyak 40 juta per hari. Mereka selalu makan di wilayah dengan konsentrasi krill yang tinggi, sehingga kadang-kadang memakan kurang lebih 3.600 kilogram krill dalam satu hari.

Uniknya, sebagai binatang paling besar yang hidup di lautan, Paus biru justru hampir tidak berbahaya bagi manusia dalam artian tidak akan memangsanya.

Namun, dengan ukurannya yang besar tetap saja kita musti waspada apabila melihat binatang ini muncul di lautan.

Fakta-fakta menarik lainnya tentang Paus Biru :

  • Paus biru diketahui sebagai binatang berukuran terbesar yang pernah hidup di bumi
  • Paru-paru Paus biru dapat menampung udara sebanyak 5.000 liter atau sekitar 1000 kali lebih banyak dibanding kapasitas paru-paru manusia kebanyakan
  • Paus biru adalah binatang dengan suara paling keras di bumi. Bahkan lebih keras dibandingkan sebuah jet. Paus biru memiliki tekanan suara antara 155 hingga 188 desibel sedangkan mesin jet memiliki tekanan suara sekitar 140 desibel, untuk teriakan manusia hanya berkisar 70 desibel.
  • Usia Paus biru menurut perkiraan para ilmuwan bisa mencapai 80 tahun
  • Paus biru adalah binatang yang cepat dan perenang yang cepat, mampu menempuh kecepatan 50 kilometer per jam (31 mph) (biasanya ketika berinteraksi dengan paus lain), namun kecepatannya biasanya hanya sekitar 20 kilometer per jam (12 mph). Ketika makan, kecepatan berkurang hingga 5 kilometer per jam (3.1 mph).

Kami yakin kamu pasti berdecak kagum mengetahui beberapa fakta menarik tentang binatang terbesar di bumi ini, mari kita lindungi bersama-sama jangan sampai Paus Biru mengalami kepunahan.

Comments are closed.