10 Agama Terbesar Di Dunia Berdasarkan Jumlah Penganutnya

Kamuiyakamu.com – Hai, kawan sudah tahukah kamu agama apa yang pengikutnya paling banyak di dunia saat ini?

Jika kamu memang ingin tahu banget, baiklah ayo kita bahas tentang agama terbesar di dunia berdasarkan jumlah penganutnya.

Tapi, sebelumnya mari kita definisikan terlebih dulu apa itu arti agama?

Menurut Émile Durkheim yang beliau merupakan salah satu pencetus sosiologi modern mengartikan agama sebagai suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci.

Sedangkan kalau ditinjau dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) agama diartikan sebagai sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

Oke, kamu pasti sudah paham apa itu agama, berikutnya mari kita lihat daftar agama terbesar di dunia berdasarkan jumlah pengikutnya, menurut data yang dirilis oleh situs adherents.com :

Ukuran yang ditunjukkan adalah perkiraan perkiraan, dan di sini terutama untuk tujuan mengurutkan, bukan memberikan jumlah yang pasti.

agama terbesar di dunia

Photo by pewforum.org. Gambar ilustrasi demografi agama di dunia.

1. Kekristenan
Jumlah pengikut : 2,1 miliar

Kekristenan meyakini Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias yang diramalkan dalam Perjanjian Lama, juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa. Kitab Suci yang menjadi pedoman hidup mereka adalah Alkitab.

2. Agama Islam
Jumlah pengikut : 1,5 miliar

Penganut agama islam yang dikenal dengan sebutan muslim memiliki keyakinan bahwa Allah Swt. adalah sang maha pencipta yang menciptakan segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi. Mereka percaya bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah.

Mereka juga melaksanakan ibadah sholat wajib sebanyak 5 waktu Shubuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya’ sebagai bentuk ketaatan kepada Allah Swt.

Tempat ibadah umat Islam adalah masjid. Dan kitab sucinya adalah AL-Qur’an yang menjadi pedoman hidup mereka.

3. Sekuler / Nonreligius / Agnostik / Ateis
Jumlah pengikut : 1,1 miliar

4. Agama Hindu
Jumlah pengikut : 900 juta

Agama hindhu disebut sebagai agama tertua di dunia yang masih tetap eksis hingga saat ini. Dan merupakan agama terbesar ketiga di dunia setelah Kristen dan Islam. umat Hindu menyebut agamanya sendiri sebagai Sanātana-dharma (Dewanagari: सनातन धर्म), artinya “darma abadi” atau “jalan abadi” yang melampaui asal mula manusia. Kitab suci agama Hindhu adalah catur Veda yang mencakup Rgveda, Yajurveda, Samaveda, dan Atharvaveda.

5. Kepercayaan tradisional Tionghoa
Jumlah pengikut : 394 juta

Kepercayaan tradisional Tionghoa ialah tradisi kepercayaan rakyat yang dipercayai oleh kebanyakan bangsa Tionghoa dari suku Han.

6. Agama Budha
Jumlah pengikut : 376 juta

Agama Buddha adalah sebuah agama dan filsafat yang berasal dari anak benua India dan meliputi beragam tradisi kepercayaan, dan praktik yang sebagian besar berdasarkan pada ajaran yang dikaitkan dengan Siddhartha Gautama, yang secara umum dikenal sebagai Sang Buddha (berarti “yang telah sadar” dalam bahasa Sanskerta dan Pali). Setiap aliran Buddha berpegang kepada Tripitaka sebagai Referensi utama karena dalamnya tercatat sabda dan ajaran Buddha Gautama. Pengikut-pengikutnya kemudian mencatat dan mengklasifikasikan ajarannya dalam 3 buku yaitu Sutta Piṭaka (kotbah-kotbah Sang Buddha), Vinaya Piṭaka (peraturan atau tata tertib para bhikkhu) dan Abhidhamma Piṭaka (ajaran hukum metafisika dan psikologi).

7. Ethnic religion
Jumlah pengikut : 300 juta

8. Kepercayaan tradisional Afrika
Jumlah pengikut : 100 juta

9. Agama Sikh
Jumlah pengikut : 23 juta

Kata Sikhisme berasal dari kata Sikh, yang berarti “murid” atau “pelajar”.

Kepercayaan-kepercayaan utama dalam Sikhisme adalah:

  • Percaya dalam satu Tuhan yang pantheistik. Kalimat pembuka dalam naskah-naskah Sikh hanya sepanjang dua kata, dan mencerminkan kepercayaan dasar seluruh umat yang taat pada ajaran-ajaran dalam Sikhisme: Ek Onkar (Satu Tuhan).
  • Ajaran Sepuluh Guru Sikh (serta para cendekiawan Muslim dan Hindu yang diterima) dapat ditemukan dalam Guru Granth Sahib.

10. Juche
Jumlah pengikut : 19 juta

Baca Juga :

Juche ialah ideologi resmi yang dianut di Korea Utara. Ideologi ini mengandung prinsip bahwa “manusia menguasai segala sesuatu dan memutuskan segala sesuatu”. Kim Il-sung adalah orang yang pertama kali mencetuskan ideologi ini pada 28 Desember 1955.

Itulah daftar agama terbesar di dunia berdasarkan jumlah penganutnya yang mungkin perlu untuk kamu ketahui.

37 responses to “10 Agama Terbesar Di Dunia Berdasarkan Jumlah Penganutnya”

  1. Cara Android says:

    Semoga semua tetap damai.. Karena pada dasarnya semua agama mengharuskan umatnya untuk damai.

  2. Robert says:

    Makasih min infonya sangat bermanfaat terima kasih. 😊😁😂

  3. Ray ambon says:

    Lebih baik mengurusin agama masing” daripada mengurusin agama orang lain karena kita hanya sementara di dunia jadi yang berhak menghakimin kita itu allah bukann manusia2 yang sok pinter tapi ga tau arti agama itu sendiri

  4. donaltrump says:

    Wajar saja kristian yang mayoritaas..
    Lihat saja dr lima benua..
    Amerika australia dan eropa di kuasai kristen..bahkan sebagian afrika..
    Hanya asia yang agama lain..
    Jika kristen ada 2 bung tp intinya kami hanya percaya sama Yesus Kami..gbu

  5. ari says:

    Assalamualaikum, Coba denger deh ceramah intelektual oleh ustad arifin ilham smoga hati kalian terbuka amin 🙂

  6. palaq says:

    Informasi yang sangat bermanfaat

  7. Randi aceh says:

    Masya allah,islam setiap hari penganut nya bertambah lo.di negara mayoritas non muslim aja.muslim bisa menjadi yang terbesar akibat pesat nya perkembangan muslim di dunia jadi klo muslim di kedua kan saya sangat tak setuju.

  8. timmy says:

    Shinto gk ada gan??

  9. hanig says:

    thank infonya min,, kalo mbahas agama gini pasti timbul banyak argumen dr masing2 pemeluk agama ya. terlepas salah benar mana agama yg diyakini,, menurutku semua agama mengajari kebaikan n kita umatNya yg penting saling menghargai satu sma lain aj. Agama itu kepercayaan masing2 kita pada sang Pencipta.

  10. Name* says:

    agama mana yg mngajarkan yg jelek?

    gk ada kn

    jd itu artinya tujuan tetap satu

    kpada pencipta. mnurut kprcayaan masing masing.

    Love Jesus

  11. Andi says:

    Yg di maksud kristen itu katholik apa protestan atau keduanya ? Bukannya itu 2 agama yg berbeda.
    Trims

    • Stive says:

      Kristen itu= Yang percaya dengan Tuhan Yesus, protestan dan katolik samasama Menyembah dan memuji Tuhan Yesus, bahkan ke 2 agama tersebut menggunakan alkitab.

  12. Vivian says:

    Makasihh yaa infoo nyaaa 😊

  13. Wahyu Rohimat says:

    thank’s

  14. Widi says:

    Kristen,hindu,muslim toh kalian manusia Indonesia, ya cintailah saudara-saudara kalian di negeri kalian sendiri. Jangan sampai terjadi perpecahan juga karena masalah kepercayaan, namanya juga kepercayaan, sekalipun kalian dak percaya itu kan suka-suka kalian, dan kalo tidak punya kepercayaan akan masuk surga ato neraka emang roh2 yg ada diluar sana akan peduli sama kalian? Apa kalian bisa cerita sama anak dan cucu kalian nanti? eh nak dlu waktu kakek masuk neraka kakek ditolong lo sama si A biar masuk surga, xixixixi…..
    Save Indonesia for Indonesian people 🙂

  15. lano says:

    Hahahaha…survey dr mane ini…..amin kan saja ga sah di perdebat kan saudara2 muslim ku…umat tdk bodoh

  16. katharina says:

    Bisa dI tau dari sistem pemerintahan dari negara itu sendiri guys,tergantung apakah mereka ingin mengganti agama mereka sesuai apa yang mereka ingini tanpa harus ada bujukan dan hasutan .

  17. Janker says:

    Islam rahmatan lilalamin

  18. tommy ramos says:

    semua mengklaim agamanya yg benar tapi jadi pertanyaan apakah kita hdup sudah sesuai dngan agama yg kita percaya???? karna saya yakin semua agama intinya mengajarkan tntang kebaikan

  19. siska yohana says:

    MESkipun muslim berada di urutan ke dua tapi aku tetap bangga karena tuhan allahlah yang selalu menjagaku di setiap waktu isyaallah 😘😘😘😘😘 l love you muslim

  20. zull says:

    Untuk mengetahui jawaban yang benar dari soal mate-matika…
    Maka qt harus tau terlebi dahulu rumus dan dasar dari soal tersebut,barulah kita akan menemukan jawabanya.
    Tenks gan…!
    Moga ngerti.

  21. Ifend says:

    Itu tdk lh pnting..agama apapun hanya terpokus pada kpribadian seseorang kepada tuhan.amal baik buruk ny lh landasan keselamatan untuk akhirat

  22. Ifend says:

    Semoga dgn beragama akn mmbimbing kita semua kepada keridaan tuhan YME amiin

  23. aulia says:

    Mksh ya

  24. victor says:

    agama kristen gak cuma satu aja.kristen dari dului ada tiga yaitu katolik,protestan,dan,pantekosta.itupun katolik jg terbagi menjadi dua lo yaitu katolik roma dan katolik ortodoks.kristen terbagi akibat masalah perbedaan tata perayaan aja.awal nya keristen hanya satu yaitu agama katolik.permasalaian muncul akibat pendahulu agama protestan membantah perayaan yang di lakukan agama katolik itu salah bagi mereka.sejak saat itulah agama keristen terbagi menjadi tiga.

  25. putri friska lestari sitinjak says:

    kristen akan selalu menjadi agama terbesar

  26. saleem hizbul muslimin says:

    Salah nih….islam telah mencapai 3million orang…tahukah kalian di paris umat islam seramai 1juta orang…memang majoriti agama rasmi dari kristian dikebanyakkan negara…tapi islam telah mencecah 3million orang…

  27. nayla nur cholidah says:

    Terima kasih atas infonya ya 🙂 ya saya juga sangat setuju dengan komentar Bayu itu.Saya juga ingin menekankan kembali bahwa Sholat itu bukanlah Ritual.tetapi Sholat adalah wujud/suatu bentuk upaya seorang hamba untuk beribadah,memohon ampun,mendekatkan diri,berkomunikasi dengan Allah SWT/Tuhan YME yang menjadi kepercayaan umat Islam dengan melalui ibadah sholat tersebut. yang sudah menjadi kewajibannya dan tidak boleh ditinggalkan.jika ditinggalkan akan mendapatkan dosa.Sekian penjelasanku semoga bermanfaat ..sekian&terima kasih sudah mau membaca tulisan ini 🙂 😉 😀 ..

  28. Bayu says:

    salat 5 waktu itu bukan ritual, melainkan ibadah manusia kepada Tuhannya

    • saril says:

      Agama apapun yang terbesar tidak masalah, siapapun yang menganutnya selama melaksanakan kewajiban dan menjauhi larangannya serta mentaati segala aturannya niscaya akan selamat dunia akhirat Amin……mbah gondo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *