Kota Bandung Berhasil Mengukir Prestasi Baru Level Internasional, Kita Musti Bangga!

Prestasi baru kota bandung di level internasional nih kita musti bangga.

Sudah tahu belum sob, kalau ternyata Kota bandung terpilih menjadi salah satu dari 47 kota di dunia yang masuk dalam daftar jaringan kota kreatif versi UNESCO. Bandung berhasil masuk dalam daftar tersebut untuk kategori desain.

“Alhamdulillah. Anugerah yang diberikan buat Kota Bandung ini untuk kategori desain,” ucap Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, dikutip dari sebuah artikel Detikcom.

Anugerah yang diterima oleh kota yang dipimpin Ridwan Kamil tersebut diumumkan pada 11 desember lalu.

Sebenarnya, ini bukanlah kali pertama kota di Indonesia mendapatkan penghargaan di level internasional. Khususnya, kota yang masuk dalam daftar jaringan kota kreatif oleh UNESCO. Karena pada tahun lalu, Pekalongan juga berhasil mencatatkan nama menjadi kota kreatif untuk kategori Kerajinan dan Kesenian Rakyat.

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, kota Bandung sebenarnya sudah mendaftarkan diri sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia semenjak tiga tahun lalu. Terdapat 7 kategori yang bisa diikuti antara lain bidang Kerajinan dan Kesenian Rakyat, Desain, Film, Gastronomi, Sastra, Media dan Seni Musik.

Dan, syukurlah pada tahun ini Kota Bandung berhasil masuk ke dalam daftar kota kreatif, meski pada mulanya Kang Emil sempat merasa pesimis karena sampai pada tahun kedua belum juga ada ‘kabar baik’ yang datang.

www.instagram.com/ridwankamil

www.instagram.com/ridwankamil

Sebagai salah satu kota di Indonesia, dinobatkannya Kota Bandung sebagai Kota Kreatif Dunia Kategori Desain seharusnya membuat kita wajib bangga.

“Kita buktikan ke dunia kalau Bandung itu layak disebut kota kreatif yang diakui PBB,” ucap Kang Emil.

Selain Bandung, jaringan kota kreatif untuk kategori desain lainnya yaitu Singapura, Budapest, Kaunas di Lithuania, Detroit (AS), dan Puebla di Meksiko.

Reply