Kenaikan Gaji PNS 2016 : Tak Naik Tapi Terima 14 Kali Setahun

Kamuiyakamu.com – Info terbaru mengenai kenaikan gaji PNS 2016, beredar kabar bahwa mulai tahun 2016 gaji pokok PNS gak bakal naik.

Akan tetapi PNS bakal pertama kalinya menerima dana THR (tunjangan hari raya), atau dengan kata lain PNS bakal menerima gaji sebanyak 14 kali dalam setahun.

Apakah kabar ini menggembirakan bagi para PNS?

“Tahun depan PNS akan terima THR di samping gaji ke-13, THR ini sebesar gaji pokok,” kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Dengan adanya dana THR ini maka PNS yang sebelumnya sudah mendapatkan gaji ke-13 yang biasanya didapatkan pada pertengahan tahun, akan mendapatkan tambahan gaji ke-14.

Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah bahwa PNS serta Anggota TNI/Polri mendapatkan tunjangan hari raya (THR) dari pemerintah.

Pemberian THR ini untuk mempertahankan tingkat kesejahteraan aparatur pemerintah, dengan memperhatikan tingkat inflasi, untuk memacu produktivitas dan peningkatan pelayanan publik.

kenaikan gaji pns 2016

Apakah pemberian THR hanya untuk PNS yang masih aktif saja atau sekalian pensiunan PNS?

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan Askolani, pensiunan PNS tetap mendapatkan THR seperti halnya PNS aktif. Cuma, besarannya tidak akan sebesar PNS yang masih aktif.

“Insya Allah (pensiun PNS dapat THR), tapi enggak penuh karena kemampuan fiskal terbatas, dan selama ini pensiun kalau naik gaji pokok enggak setinggi PNS (aktif). Tapi sudah lumayan buat bantu pensiun juga,” tuturnya

Lebih lanjut menurut Askolani, kebijakan pemerintah meniadakan kenaikan gaji pokok tahun 2016 dan menggantinya dengan dana THR akan berdampak positif secara jangka panjang terhadap penghasilan yang diterima para PNS.

Pasalnya, jika masih mengandalkan kenaikan gaji, PNS akan tetap mendapat potongan dari biaya Tunjangan Hari Tua (THT) yang dikelola PT. Taspen.

Mari kita berharap, semoga keputusan mengenai gaji PNS 2016 yang diambil pemerintah ini memiliki dampak positif bagi negara ini. Dan semoga PNS bisa semakin terpacu untuk meningkatkan profesionalisme dan produktivitasnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Reply