Benarkah Facebook Akan Memunculkan Tombol Dislike?

Kamuiyakamu.com – Benarkah Facebook akan memunculkan tombol Dislike di situs Facebook.com?

Beberapa hari belakangan ini banyak yang mengabarkan bahwa Facebook kemungkinan bakal segera memunculkan tombol “dislike”. Padahal tahun lalu Facebook secara tegas menyatakan tidak akan menyertakan tombol Dislike, meskipun banyak pengguna yang menanyakan perihal tersebut.

Alasan pihak Facebook, karena dikhawatirkan dengan tombol Dislike akan memicu banyak sekali efek merugikan baik bagi Facebook sendiri ataupun pengguna di masa depan.

“Ide untuk membuat tombol ‘Dislike’ kerap muncul. Faktanya, sebelum membuat tombol ‘Like’ pun kami banyak berdiskusi. Tetapi khusus untuk tombol ‘Dislike’, arti negatif dari tombol tersebut bisa memicu banyak sekali efek merugikan,” ungkap salah satu petinggi Facebook sekaligus pencipta tombol like, Bret Taylor.

“Saya merasa tombol ‘Dislike’ hanya akan menimbulkan efek sosial yang negatif. Jika Anda ingin menyatakan ketidaksukaan terhadap sebuah hal, Anda sebaiknya menyatakannya lewat komentar karena pastinya ada hal yang juga ingin Anda sampaikan,” tambah Taylor.

Keputusan Facebook hanya memunculkan tombol “Like” jelas berbeda dengan yang dilakukan oleh salah satu situs berbagi video, Youtube di mana para pengguna juga bisa menemukan tombol Dislike untuk mengungkapkan rasa ketidaksukaan terhadap suatu unggahan video.

facebook menambahkan tombol dislike

Nah, di tahun 2015 ini, tepatnya pada sesi tanya jawab yang diadakan di markas Facebook di Menlo Park, California, Mark Zuckerberg menyatakan bahwa Facebook “hampir” siap untuk mengetes tombol alternatif dari tombol “like” itu.

“Selama bertahun-tahun, banyak yang menanyakan kepada saya soal tombol ‘tidak suka’,” kata Zuckerberg kepada hadirin pada Selasa (15/9/2015).

“Mungkin ratusan orang telah bertanya soal ini, dan hari ini adalah hari khusus karena saya bisa sampaikan bahwa kami sedang mengerjakannya dan hampir siap untuk mengetesnya.” tambahnya.

Bagaimanapun, masih terdapat pro kontra di antara pengguna Facebook. Sebagian setuju dengan munculnya tombol dislike sedang sebagian yang lain tidak setuju karena dikhawatirkan akan memicu cyber bullying.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu pengguna Facebook pada laman Facebook resmi Zuckerberg.

“Tolong jangan tambah tombol tidak suka,” kata seorang pengguna Facebook bernama Andrea Robichaud, dan menambahkan ia “lebih suka mengungkapkan apa yang ia rasakan dengan kata-kata, supaya apa yang ia maksud lebih jelas.”

Bahkan ada pengguna yang mengusulkan tombol alternatif selain Dislike, seperti misalnya tombol “simpati”.

Ya, kita nantikan saja kabar kelanjutannya, apakah memang Facebook akan menambahkan tombol Dislike, ataukah diganti dengan tombol alternatif yang bisa mewakili ekspresi untuk peristiwa-peristiwa sedih.

“Tidak setiap momen merupakan momen yang bagus dan saat Anda berbagi sesuatu yang sedih, seperti krisis pengungsi yang menyentuh, atau anggota keluarga yang meninggal, terasa tidak nyaman untuk menyukai (“Like”) posting-an tersebut. Namun teman dan orang lain ingin bisa mengekspresikan bahwa mereka memahami dan merasakan hal yang sama. Jadi, menurut saya penting memberikan lebih banyak pilihan selain “Like” sebagai cara cepat menyampaikan dan berbagi perasaan di sebuah post.” kata Mark Zuckerberg.

Add Comment